2019, Pemkab Boltim Anggarkan Rp 15 M Untuk 750 RTLH

251
Kepala Dinas Sosial Boltim, Rudi S. Malah

Tutuyan, MP – Anggaran pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun 2019, meningkat. Dana Rp 15 miliar kini disiapkan untuk membangun 750 unit.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial, Rudi S. Malah, saat bersua dengan sejumlah media, Jumat (11/1).

“RTLH per unit 20 juta rupiah. Jika dikalikan dengan 750 RTLH yang akan dibangun tahun 2019 ini, maka dana pembangunan menjadi 15 miliar rupiah. Ketambahan anggaran ini untuk biaya bahan dan biaya sewa tukang yang sebelumnya hanya 2,5 juta rupiah per unit, kini menjadi 3,5 juta rupiah per unit,” bebernya.

Lanjut Rudi, bantuan 750 unit RTLH ini sudah melalui proses verifikasi dan validasi.

“Semua sudah melewati tahap tinjauan dari kami bahwa penerima memiliki lahan untuk pembangunan RTLH. Data dari tiap desa juga sudah diserahkan tiap Sangadi (Kepala Desa, red) di Boltim,” ujarnya.

Rudi menambahkan, pembangunan akan dimulai awal Februari 2019. Konstruksinya akan menggunakan baja ringan.

“Tidak memakai kayu lagi, karena pengalaman lalu banyak penyedia atau pihak ketiga membangun rumah menggunakan kayu yang tidak berkualitas atau bersisik,” ungkapnya.

“Sesuai SK Bupati, pembangunan 750 unit RTLH tersebut harus diselesaikan sebelum bulan Ramadhan tiba dan masyarakat penerima bantuan sudah bisa tinggal di tempat yang sudah disediakan oleh pemda,” kuncinya. (Chindi Limo)