250 Juta Kerugian Negara Dieksekusi Kejari Manado

229

MANADO, ManguniPost.com – Penyelamatan ratusan juta uang negara dalam kasus cukai yang menjerat pidana Bagas Narendra, telah dilakukan eksekusi oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado, Kamis (23/01).

Dimana, Bagas telah membayar denda sebesar Rp250 juta, pasca Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Manado menvonis bersalah dirinya atas tindak pidana berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas UU RI No 11 Tahun 1995 tentang Cukai.

Terkait hal ini, Kepala Kejari Manado, Maryono saat dihubungi awak media via seluler, tak menepis adanya kegiatan eksekusi bertahap atas pidana denda kasus cukai tersebut.

“Iya, yang bersangkutan (Bagas-red) telah kooperatif untuk mencicil denda pidana dengan uang sebesar Rp250 juta, dalam kasus cukai yang telah memiliki kekuatan hukum tetap,” terang Maryono.

Lebih lanjut, dirinya menegaskan bahwa kegiatan eksekusi pidana denda kasus cukai ini dilakukan pihaknya, pasca putusan Majelis Hakim PN Manado, Selasa (07/01) lalu.

Dalam putusan tersebut, Bagas dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana “menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dilekati pita cukai atau dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya.

Selain itu, Bagas dikenakan pidana denda sebesar 3 kali nilai cukai Rp197.789.400 sebesar Rp593.368.200, dengan ketentuan jika terdakwa tidak membayar denda paling lama dalam waktu 6 bulan, harta bendanya dapat disita untuk dilelang dan hasil lelang untuk membayar denda.

Dalam putusan juga disebutkan bahwa ribuan minuman beralkohol berbagai merek dirampas untuk dimusnahkan. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur