35 Anggota DPRD Minahasa Dilantik

256

Tondano, MP


35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa terpilih periode tahun 2019-2024, resmi diambil sumpah/janji dan dilantik, Senin (09/09) pagi, di Wale Ne Tou Tondano.

Pengambilan sumpah dan pelantikan 35 Anggota DPRD Minahasa ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Tondano, ST Iko Sudjatmiko SH, pada Rapat Paripurna DPRD Minahasa dalam rangka Pengucapan Sumpah/Janji dan Pelantikan Anggota DPRD Minahasa masa bakti 2019-2024. Rapat Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD James Rawung SH, didampingi Wakil Ketua Ivonne Andries dan Ventje Mawuntu.

Pelantikan diawali pembacaan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, oleh Sekretaris DPRD Siby Sengke S. Sos. Surat nomor 328 tahun 2019 ini tentang pemberhentian Anggota DPRD Minahasa masa bakti 2014-2019 dan pengangkatan Anggota DPRD Minahasa masa bakti 2019-2024.

Usai dilantik, kemudian dilakukan penyerahan Surat Keputusan Gubernur oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O E Kandouw dan penyematan pin tanda Anggota DPRD Minahasa oleh Bupati Royke Octavian Roring dan Wabup Robby Dondokambey.

Selesai itu, para Anggota DPRD yang baru dilantik kemudian kembali dan menduduki kursi jabatan yang sudah disediakan. Dilanjutkan dengan pembacaan Pimpinan Dewan Sementara oleh Sekretaris DPRD. Glady Erina Patricia Kandouw dari PDI Perjuangan ditetapkan sebagai Ketua DPRD, Okstesi Pricillia K Runtu dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua. Selanjutnya penyerahan palu pimpinan dan Buku Memori Pimpinan, dari pimpinan lama kepada pimpinan sementara.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan Penutupan Tahun Sidang Anggota DPRD Minahasa Masa Jabatan Tahun 2014-2019 dan Pembukaan Tahun Sidang Anggota DPRD Minahasa Masa Jabatan 2019-2024, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Minahasa sementara Glady Kandouw.

Wagub Kandouw dalam sambutannya mengatakan, ketika dilantik menjadi Anggota DPRD, maka kita mempunyai hak dan kewajiban, yang keduanya berjalan secara paralel. Menurutnya, itu tidak ada yang berjalan sendiri-sendiri dan tidak ada yang diutamakan di antara kedua hal ini.

“Tupoksi DPRD itu apa, pasti para Anggota DPRD Minahasa yang baru dilantik sudah tau. Jalankan semua itu untuk jalannya sistem pemerintahan yang baik dan untuk mensejahterahkan masyarakat. Saya optimis lima tahun ke depan, Anggota DPRD ini akan mengeluarkan input dan output yang jelas. Tak hanya Perda rutin yang dikeluarkan, tapi juga Perda inisiatif,” kata Wagub.

“Saya yakin DPRD Minahasa yang baru akan lebih baik lagi dari sebelumnya. Anggota Dewan yang baik tidak pernah menutup diri tetapi selalu membuka diri terhadap kepentingan masyarakat. Selamat bekerja dan selalu andalkan dan utamakan Tuhan serta keluarga,” pungkasnya.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut Drs Stefanus Vreeke Runtu, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, serta Plh Sekda Minahasa Frits Muntu SSos, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Minahasa, Wakil Ketua TP-PKK Sulut Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw SIP dan Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong, Komisioner KPU Minahasa, Bawaslu Minahasa, FKUB Minahasa, para Pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa. (Advertorial)