440 Kader Posyandu Tomohon Diberi Penguatan

241
Foto bersama usai kegiatan. (ist)

Tomohon, MP
Sebanyak 440 orang kader kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kota Bunga mendapat penguatan. Suntikan energi positif bagi para ujung tombak kesehatan ini tersaji dalam kegiatan Dialog Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon di Anugerah Hall Paslaten, Selasa (9/10).

Dalam sambutanya Walikota Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, salah satu arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015-2019 adalah peningkatan derajat kesehatan. Utamanya gizi masyarakat pada seluruh siklus kehidupan, baik tingkat individu, keluarga dan masyarakat. Ini pula untuk mendukung program Indonesia sehat.

Walikota menekankan, salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan adalah menumbuh kembangkan Posyandu. “Posyandu sebagai salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdayakan masyarakat, masih menjadi sarana penting. Tentu untuk membantu penurunan angka kematian ibu, bayi dan anak balita,” ungkap Eman.

Menurut data Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Kota Tomohon Tahun 2017, jumlah Posyandu aktif ada 69 unit yang tersebar di 44 Kelurahan. Sementara, jumlah kader aktif yang di tetapkan SK Walikota Tomohon Nomor 104 Tahun 2018 adalah 440 orang. Disampaikan Walikota, honorium kader Posyandu akan mengalami kenaikan sebesar 50 persen pada Tahun 2019.

Hadir dalam Kegiatan tersebut, Kepala Dinkes dr Deesje Liuw MBiomed, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon, Dr Juliana Karwur MKes MSi dan para kader kesehatan se-Kota Tangguh. (timmp/01)