7 PTKKN Buka Penerimaan Maba Serentak, IAKN Manado Jadi Penyelengara Seleksi

333

Manado, MP

Tujuh Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) di Indonesia secara serentak membuka penerimaan mahasiswa baru (Maba) secara online.

Dari tujuh perguruan tinggi yang ada, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, salah satu yang dipercayakan Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementrian Agama Republik Indonesia (RI) untuk menjadi bagian dari penyelenggara Seleksi Nasional (Selnas) PTKKN.

Relly Poluan, M.Th selaku ketua panitia melaporkan jumlah pendaftar untuk Selnas kali ini secara keseluruhan mencapai 1.320 orang.

“Relly Poluan, selaku ketua panitia melaporkan, untuk keseluruhan peserta yang mengikuti Seleksi Nasional (Selnas) sesuai data yang ada, sudah mencapai 1.320 peserta,” kata Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Akademi, Daniel Worotitjan.

Lanjut Daniel menjelaskan, Selnas tahun ini, untuk IAKN sendiri mencapai 243 peserta, dan tepat Selasa (22/07) kemarin, IAKN melaksanakan tes tertulis di Aula Serbaguna IAKN.

Ia menambahkan, untuk tahun ajaran 2019-2020, kuota IAKN rencananya di butuhkan 750 orang, secara keseluruhan jurusan serta program studi yang ada.

“Untuk tahun ajaran 2019-2020, rencana kuota penerimaan Maba IAKN, sekitar 750 untuk semua jurusan serta program studi. Ada beberapa program studi baru yang rencananya, pembagian per-program studi 50-50 mahasiswa, sementara untuk jurusan yang lain, yang sudah lama, itu kurang lebih 250-250 mahasiswa per Jurusan,” ungkapnya.

Pada Selnas IAKN, turut hadir, Direktur Pendidikan Agama Kristen, Pontus Sitorus, S.PAK, M.Si, di dampingi Rektor IAKN Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd, untuk memantau jalannya tes tertulis, sekaligus menyampaikan apresiasi terhadap putra-putri bangsa yang memilih untuk kuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan seperti IAKN Manado, serta membuka secara resmi tes tertulis dengan simbol membuka lembar portofolio, buku soal dan lembar jawaban yang masih tersegel, yang disaksikan oleh para calon mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020. (Roki Taliawo)