80 Koperasi di Boltim Terancam Dibekukan

169

Tutuyan, MP

22 koperasi dari 102 koperasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tercatat aktif. Data itu diungkapkan Kepala Dinas Perdagang Perindustrian Koperasi dan UKM, Ramlah Mokodompis.

“Ada sekitar 80 koperasi berada di zona merah, karena hampir lima tahun tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT),” ujar Mokodompis.

Nantinya, 80 koperasi ini, tiap tahun akan diusulkan untuk dihapus kalau tidak segera melakukan RAT.

Untuk proses menuju pembubaran koperasi tidak aktif, harus didahului proses verifikasi oleh tim verifikasi Dinas Perdagang Perindustrian Koperasi dan UKM Boltim. Namun Mokodompis mengukapkan, untuk pembentukan tim verifikasi pihaknya terkendala personil dan anggaran.

Diketahui, 5 koperasi di Boltim telah dibekukkan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia. Itu usulan tahun 2017. Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Boltim mengusulkan 15 koperasi namun disetujui 5 koperasi. 

Tahun 2018, Dinas Perindagkop dan UKM Boltim juga telah mengusulkan 5 koperasi untuk dihapuskan. Tapi belum ada jawaban dari Kementrian Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia. (Jerry Isini)