Aktivitas Pertambangan Tinggi, Udara di Kotabunan Diduga Tercemar

153

Kotabunan, MP

Udara di Desa Kotabunan Induk, Lingkungan V Panang, diduga tercemar pertambangan. Nada keluh terdengar dari sejumlah warga.

Tingginya aktivitas pertambangan di wilayah ini, disinyalir jadi penyebab udara tak streril lagi. Panang merupakan wilayah pertambangan rakyat ilegal. Rata-rata profesi warga di sini, sebagai penambang.

Aktivitas pertambangan di wilayah ini cukup tinggi. Karena setiap hari warga melakukan proses perendaman dan pembakaran emas tepat di pemukiman rakyat.

Hal ini terlihat dari beberapa rumah di Panang, ada bak rendaman emas. Masalah ini, telah dikeluhkan warga. Satu di antaranya, Yuni (28).

“Anak saya sesak nafas. Karena maraknya bak rendaman dan pembakaran emas. Udara tak steril lagi,” ujar Yuni yang ditemui, Rabu (31/7).

Terungkap, pekan lalu ada anak bernama Akifa (3) dibawa ke Puskesmas, karena pernafasaan cepat. Anak ini mendapat penanganan yang serius. Dokter berpesan, sementara jangan dulu tinggal di Panang.

“Udara di sini, tidak seperti waktu pertama tinggal. Sekarang bau racun tercium di mana-mana. Namun apa boleh buat, hanya ini tempat tinggal,” keluh Yuni. (Jerry Isini)