Aladin-RTLH, Sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemkab Boltim Bantu Rakyat Miskin

137

Tutuyan, MP

Kementerian Sosial Republik Indonesia, bantu program Atap Lantai dan Dinding (Aladin) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Untuk Kabupaten Boltim, kebagian sebanyak 100 unit dan setiap unit Rp15 juta rupiah.

Program bantuan dari Kementerian Sosial ini untuk warga miskin yang belum memiliki rumah. Bantuan semacam ini juga dianggarkan Pemerintah Kabupaten Boltim dalam program Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH). Tahun ini bakal dibangun 430 rumah dengan anggaran Rp13 miliar rupiah. Per unit Rp30 juta rupiah.

“Kami berusaha memadukan bantuan pusat APBN dan APBD Boltim, khusus bangun rumah,” ujar Kepala Dinas Sosial, Rudi Malah.

Program rumah layak huni di Boltim, sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Diperkirakan Pemerintah Boltim, bangun rumah hampir ribuan. Karena RTLH masuk visi dan misi Bupati Sehan Landjar dan Rusdi Gumalangit.

Kepala Bidang Fakir Miskin, Ni’ma Mokoagow mengatakan, penerima RTLH sudah ada. Tinggal menunggu penyaluran dan pembangunan khusus rumah layak huni.

“Kami sudah verifikasi sebagian berkas. Berdasarkan usulan dari desa,” ujar Ni’ma Mokoagow.

Ke depan program ini, akan lebih ditingkatkan, terutama masalah biaya bahan dan upah pekerja. Tahun lalu per unit Rp18 juta sekarang dinaikan menjadi Rp30 juta. (Jerry Isini)