Antisipasi Konflik Pemilu, Tim TPKS Tomohon Berembuk

195
Eman saat membuka kegiatan. (ist)

Tomohon, MP
Langkah preventif diperagakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon. Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial (TPKS) Kota Tomohon Tahun 2018 melaksanakan rapat. Kegiatan ini dimaksud untuk menangkal segala potensi konflik sosial. Utamanya jelang dan memasuki tahapan pemilihan umum legislatif dan presiden/wakil presiden Tahun 2019.

Demikian Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman SE Ak saat membuka rapat itu yang digelar di Home Stay Walian, Kamis (13/9). Menurut dia, lewat kegiatan ini, Tim TPKS menjadi lebih handal. Mampu mencegah, meredam dan dapat mengatasi terjadinya konflik sosial di tengah-tengah masyarakat. Apalagi, saat menghadapi Pemilu Tahun 2019.

Asa Eman, rapat ini dapat memotivasi pelaksanaan tugas-tugas Tim TPKS Kota Tomohon. Antara lain, menyusun rencana aksi terpadu menangani konflik sosial tingkat kota. Mengkoordinasikan, mengarahkan, mengendalikan, dan mengawasi penanganan konflik dalam skala Kota Tomohon. Memberikan informasi kepada publik tentang terjadinya konflik dan upaya penanganannya. Melakukan upaya pencegahan melalui sistem peringatan dini.

“Juga merespon secara cepat dengan menyelesaikan secara damai semua permasalah yang berpotensi menimbulkan konflik. Bahkan membantu upaya penanganan pengungsi dan pemulihan pasca konflik yang meliputi rekonsiliasi, rehabilitasi dan rekonstruksi,” papar Eman.

Kepala Badan Kesbangpol, Theodorus Paath SIP dalam laporannya mengatakan, rapat ini dilaksanakan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga dapat menjawab tantangan di era demokrasi saat ini.

Tampil selaku narasumber, Perwira Penghubung Koda Tomohon Kodim 1302 Minahasa Mayor Inf Feky Welang, utusan Badan Intelijen Negara Sulawesi Utara, Adhi Pratama, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat dan jajaran Pemkot Tomohon. (timmp/01)