Athletic Bilbao Vs Barcelona, Lionel Messi dkk Juga Tersingkir dari Copa del Rey

82

KOMPAS.com – Pertandingan perempat final Copa del Rey antara Athletic Bilbao vs Barcelona berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Bilbao. Laga perempat final Copa del Rey antara Athletic Bilbao vs Barcelona berlangsung di Stadion San Mames, Kamis (6/2/2020) atau Jumat dini hari WIB. Satu-satunya gol tuan rumah dalam pertandingan tersebut terjadi pada penghujung laga, tepatnya pada masa injury time. Gol kemenangan Bilbao dicetak Inaki Williams (90+3′). Dengan hasil tersebut, Lionel Messi dkk harus tersingkir dari ajang Copa del Rey. Barcelona mengikuti jejak Real Madrid yang tersingkir lebih dulu beberapa jam sebelumnya, setelah kalah dari Real Sociedad.

Jalannya Pertandingan Tampil di hadapan publik sendiri, Bilbao dengan percaya diri meladeni permainan menyerang Barcelona. Baru dua menit berjalanya laga, Raul Garcia melepaskan umpan silang ke jantung pertahanan Barca. Namun, kiper Barca, Marc Andre Ter Stegen masih sigap memotong bola. Barcelona membalas. Pada menit kelima, Lionel Messi berhasil melewati hadangan beberapa pemain Bilbo sebelum mengirim umpan ke Ansu Fati. Meski berdiri cukup bebas, Fati gagal memanfaatkan umpan dari Messi. Tembakannya bahkan masih melenceng dari sasaran. Pada menit kedelapan, Ansu Fati melepaskan tembakan ke gawang, namun bisa diblok kiper Bilbao, Unai Simon. Bola muntah hasil tepisan Simon kemudian jatuh ke kaki Jordi Alba. Pemain asal Belanda itu kemudian melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang disambut Frenkie De Jong dengan sundulan. Namun, peluang De Jong masih bisa dipatahkan Simon. Pada menit kesepuluh, publik tuan rumah sempat bersorak saat Inaki Williams mencetak gol. Namun, gol tersebut tak disahkan karena Williams dinilai lebih dulu terjebak offside. Pada menit ke-15, Messi melepaskan tembakan langsung ke gawang Bilbao. Tapi Simon masih sigap menghalau. Pada menit ke-29, Messi melepaskan umpan silang ke mulut gawang Bilbao. Namun, tak ada satupun rekan setimnya yang siap menyambar. Selang enam menit kemudian, Bilbao yang kembali mendapat peluang. Namun, sundulan Raul Garcia masih bisa diamankan Ter Stegen.

Pada masa injury time, Barcelona sempat mendapat tendangan bebas setelah Messi dilanggar pemain belakang Bilbao. Eksekusi yang diambil Messi masih membentur pagar betis. Skor imbang tanpa gol menutup paruh pertama. Memasuki babak kedua, Barcelona menarik keluar Ansu Fati dan memasukan Antoine Griezmann pada menit ke-57. Lima menit setelah masuk ke lapangan, Griezmann sempat melepaskan tendangan spekulasi. Namun, tembakannya belum menemui sasaran. Pada menit ke-67, Unai Simon dua kali menyelamatkan gawangnya, masing-masing saat menepis tembakan Frenkie De Jong dan Ivan Rakitic. Guna menambah daya gedor, Barca kembali melakukan pergantian pemain pada menit ke-69. Kali ini, giliran Ivan Rakitic yang ditarik keluar dan digantikan Arthur. Pada menit ke-73, Unai Nunez mendapat peluang emas saat berhasil berdiri bebas dan mendapat umpan silang dari Iker Muniain. Namun, sundulan Nunez masih melebar dan melenceng dari sasaran. Pada menit ke-81, Aritz Aduriz mengirim umpan dengan sundulan ke Inaki Williams. Namun, sepakan Williams masih melenceng dari sasaran. Pada menit ke-88, Unai Simon menggagalkan peluang emas yang didapat Lionel Messi. Petaka bagi Barcelona terjadi pada masa injury time saat sundulan Inaki Williams berhasil mengoyak jala gawang Ter Stegen. Keunggulan 1-0 Bilbao bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain Athletic Bilbao vs Barcelona:

Bilbao: 1-Unai Simon; 4-Inigo Martinez, 3-Unai Nunez, 5-Yeray Alvarez; 17-Yuri Berchiche, 16-Mikel Vesga (Mikel San Jose 66′), 14-Dani Garcia, 21-Ander Capa, 10-Iker Muniain (Aritz Aduriz 77′); 9-Inaki Williams, 27-Raul Garcia (Ibai Gomez 89′)

Pelatih: Gaizka Garitano

Barcelona: 1-Marc Andre Ter Stegen; 18-Jordi Alba, 15-Clement Lenglet, 3-Gerard Pique (Samuel Umtiti 80′), 2-Nelson Semedo; 4-Ivan Rakitic (Arthur 69′), 5-Sergio Busquets, 21-Frenkie De Jong; 31-Ansu Fati (Antoine Griezmann 57′), 10-Lionel Messi, 20-Sergi Roberto

Pelatih: Quique Setien

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Athletic Bilbao Vs Barcelona, Lionel Messi dkk Juga Tersingkir dari Copa del Rey”, https://www.kompas.com/sport/read/2020/02/07/050147767/athletic-bilbao-vs-barcelona-lionel-messi-dkk-juga-tersingkir-dari-copa?page=all#page2
Penulis : Alsadad Rudi
Editor : Alsadad Rudi