Ayub Ali: Target Kembalikan Kejayaan di BMR, PAN Bakal Evaluasi

209

Manado, MP

Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020, Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Utara (Sulut) kembali membangun kekuatan demi mengembalikan kejayaan di Tanah Totabuan pasca kehilangan kader yang memegang ‘kunci’ daerah seperti Yasti Mokoagow dan Tatong Bara.

Upaya evaluasi pun akan dilakukan partai yang berlambang matahari terbit ini. Dalam waktu dekat, upaya bedah persoalan bakal dilakukan. Apalagi di pentas pemilihan umum (pemilu) 2019, kursi PAN sangat memprihatinkan di Sulut. Lebih khusus di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Kejayaan di BMR memang kursi PAN turun. Tetapi kami akan evalalusi apa yang sebabkan turun. Apakah penyebabnya kader-kader yang berhadapan dengan partai besar atau karena faktor lain,” ungkap Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulut, Ayub Ali Albugis.

“Tapi beberapa daerah PAN masih eksis. Ada yang berkurang, ada yang bertambah,” sambungnya.

Masalah berpindahnya para ‘striker’ PAN sebelumnya, yakni Yasti dan Tatong, dirinya bersikap terbuka. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut ini menyebut bahwa perpindahan kader sudah merupakan dinamika politik.

“Itulah dinamika politik, ada yang masuk, ada yang keluar. Itu hak masing-masing orang memilih menetap atau pindah. Biasa itu. Pastinya kami akan lakukan evaluasi,” tuturnya.

Meski menatap berbagai persoalan, konsolidasi PAN ke depan akan tetap jalan sebagaimana mestinya. Dipastikan akan mulai digenjot dalam waktu dekat. “Dalam waktu dekat akan evalusi hasil pilpres. Itu kan juga menyambung masalah perolehan kursi. Setelah ada petunjuk dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) pasca perhitungan di MK (Mahkamah Konstitusi), baru partai melaksanakan konsolidasi dan evaluasi,” tutupnya. (Eka Egeten)