Bantuan Kube Segera Disalurkan

150

Tutuyan, MP

Sinergitas pemerintah pusat bersama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Timur) untuk rakyat miskin tersaji dalam sejumlah program. Selain rumah, ada juga bantuan untuk kelompok usaha ekonomi produktif (Kube). 

Bantuan Kube dari Pemerintah Pusat di Boltim, untuk 40 kelompok. Masing-masing akan mendapatkan Rp20 juta rupiah. Sedangkan Pemerintah Daerah Boltim anggarkan 30 kelompok dengan nominal sama. 

“Berharap, semua bantuan ini dapat membantu masyarakat Boltim,” kata Kepala Dinas Sosial, Rudi Malah.

Ketua Kelompok Kube di Tutuyan I, Anto Modeong mengatakan, proposal Kube telah dimasukan ke Dinas Sosial. Tinggal menunggu jawabannya.

“Kami berharap proposal Kube diterima Dinas Sosial,” ujar Anto Modeong.

Ia menambahkan, program Kube baik dari pemerintah pusat dan daerah dapat membantu perekonomian rakyat. Rencananya uang tersebut untuk membeli mesin potong rumput dan mesin chainsaw.

Kepala Bidang Fakir Miskin Dinas Sosial Boltim, Ni’ma Mokoagow mengatakan, penerima RTLH dan Kube sudah ada. Tinggal menunggu penyaluran dan pembangunan khusus rumah layak huni.

“Kami sudah verifikasi sebagian berkas. Berdasarkan usulan dari desa,” ujar Ni’ma Mokoagow.

Ke depan program ini, akan lebih ditingkatkan terutama masalah biaya bahan dan upah pekerja. Tahun lalu per unit Rp18 juta sekarang dinaikan menjadi Rp30 juta. (Jerry Isini)