Bencana Manado, Pemprov Cepat Tanggap Buka Posko

272
Gubernur OD bersama rombongan Pemprov meninjau lokasi bencana. (ist)

Manado, MP
Melihat situasi Kota Manado yang dilanda bencana banjir dan tanah longsor, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) besutan Olly Dondokambey SE (OD) bertindak cepat tanggap, Jumat (01/02). Sejumlah posko bencana langsung didirikan. Di antaranya, Posko Informasi Bencana di Lobi Kantor Gubernur. Ada juga 2 Posko Siaga Bencana, masing-masing berada di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Sulut.

Gubernur OD melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen mengatakan, Pemprov telah menyiapkan perlengkapan penanggulangan bencana. Peralatan dan kendaraan dinas yang biasa dipakai perangkat daerah pun dapat digunakan untuk menolong masyarakat. Semisal dari Dinas PUPR, SatPol-PP, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan.

“Peralatan dari dinas-dinas tersebut sudah kita siapkan di sejumlah lokasi bencana. Kami juga menyediakan kebutuhan masyarakat, misalnya dapur umum, makanan siap saji dan perlengkapan lainnya,” kata Silangen.

Selain itu lanjutnya, kesehatan masyarakat korban bencana banjir dan tanah longsor juga perlu diperhatikan. Sebabnya, Pemprov pula telah menyiapkan Posko Kesehatan. Itu dibuka selama 1×24 jam di Dinas Kesehatan. Di situ juga sudah tersedia obat-obatan yang diperlukan masyarakat.

Silangen mengimbau masyarakat, untuk terus waspada. Apalagi, data peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sulut menunjukan, curah hujan tinggi masih bisa berlangsung hingga pukul 20.00 Wita.

“Kami mengimbau masyarakat agar menghindari daerah aliran sungai dan tempat-tempat rawan longsor,” pesan Silangen.

Bagi masyarakat Sulut yang membutuhkan informasi bencana, kiranya dapat menghubungi nomor telepon Kepala BPBD Joi Oroh, yakni 081355526955. Kepala Biro Protokol dan Humas Dantje Lantang, 08124193636. Kabag Humas Christian Iroth, 081244531119. (*)

Penulis/Editor : Tim MP