BISA Kembali Bahas KUR Bersama Warga Manado

266

Manado, MP
Senator Sulawesi Utara Fabian Richard Sarundajang (BISA) kembali menjalankan tugas sebagai Anggota MPR untuk bersosialisasi dengan masyarakat.  Senin 10 September 2018, BISA kembali menemui warga Utara Celebes. Persoalan Kredit Usaha Rakyat memang belakangan jadi salah satu concern BISA. Dalam pertemuan dengan masyarakat Manado ini BISA juga diskusikan terkait KUR.

Dalam pemaparannya, BISA menyebut sosialisasi seperti ini memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab setiap anggota MPR. Diskusi ini bertujuan agar anggota bisa lebih dekat dengan rakyat.

“Tujuan acara semacam ini adalah agar anggota MPR tetap lebih dekat dengan masyarakat. Untuk apa? Agar bisa mendengar langsung keluhan masyarakat,” katanya di lokasi.

Dalam pertemuan ini BISA mendapat banyak masukan dan saran. Diantarany, masyarakat seharusnya bisa membantu Pemerintah untuk memantau Dana-dana yang disalurkan ke desa.

“Ini agar bisa tersalurkan dengan baik dan benar, dan segera melaporkan jika dicurigai adanya penyimpangan,” katanya.

Ada juga disinggung soal sosialisasi, penguatan, pendalaman, dan pengetahuan untuk memaksimalkan penggunaan dana desa juga kiranya dapat terus dilakukan pemerintah, sehingga semua bisa merasakan pembangunan yang merata di segala bidang.

“Program KUR yang menjadi salah satu program andalan pemerintah seharusnya bisa menjadi katalisator dalam kebuntuan pengembangan UMKM. Niat mulia program KUR adalah memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan pendanaan dengan suku bunga yang murah. Semoga benar-benar bisa terlaksana dengan baik dan tepat sasaran, sehingga, masyarakat bisa merasakan manfaatnya,” ulasnya.

Ia menilai, salah satu permasalahan utama usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah kesulitannya mengakses kredit perbankan.

“Perbankan sangat susah memberikan kredit skala kecil kepada UMKM karena tingginya risiko kredit macet dan besarnya biaya pengelolaan kredit tersebut. Kiranya ini menjadi perhatian dari Pemerintah terkait. Program KUR telah menjadi strategi utama dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan , melalui pemberdayaan UMKM,” tansanya. (timMP)