Boltim Koleksi 67 Destinasi Wisata

259
Rizky Lamaluta. (ist)

Tutuyan, MP
Bila ingin berlibur dengan suasana wisata alam indah nan mengesankan, Kabupaten Bolaang Mongdow Timur (Boltim) tujuannya. Sekira 67 destinasi wisata memesona telah dikoleksi kabupaten yang merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara ini. Demikian diungkap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Boltim, Rizky Lamaluta SE, Selasa (15/01).

Adapun ke-67 destinasi wisata dimaksud, antara lain Tanjung Silar di Desa Jiko Induk Kecamatan Nuangan. Pulau Nenas di Desa Paret Kecamatan Kotabunan. Wilayah pegunungan Purworejo dan sejumlah danau. Termasuk Danau Mo’oat serta di 6 desa binaan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa.

“Keenam desa dimaksud, yakni Jiko Molobog Induk, Jiko Molobog Utara, Atoga Timur, Mo’oat, Bokaka dan Kotabunan,” terang Lamaluta.

Dijelaskannya, di tahun anggaran 2019, Pemerintah Kabupaten Boltim melalui Dispar akan melakukan pengembangan. Tentunya di sejumlah objek wisata. Salah satunya, Diving Centre dan Wisata Manggrove di Kotabunan Selatan.

“Ya, kami tetap berinovasi dalam membangun objek wisata baru,” ucapnya.

Ditambahkannya, khusus destinasi wisata di 6 desa binaan, pihaknya bersama Dinas Pemerintah Masyarakat Desa Boltim selalu melakukan monitoring.

“Bagi pemerintah desa, dalam hal ini Sangadi (Kepala Desa-red), jika ingin membangun lokasi wisata, sebaiknya berkoordinasi dengan instansi terkait. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih,” imbau Lamaluta penuh asa. (chindi limo)