Buka Jumbara, Landjar: Kegiatan PKK Berdampak Bagi Ekonomi Daerah

278

Tutuyan, MP
Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar SH, secara resmi membuka kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) yang ke IX, Senin (14/10). Acara yang digelar Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan (TP-PKK) Kabupaten ini dipusatkan di Lapangan Ibantong Desa Togid, Kecamatan Tutuyan.

Kegiatan dengan tema ‘Tingkatkan Kinerja PKK Melalui Pengelolaan Administrasi’ ini, dirangkaikan dengan penyelenggaraan pameran dan promosi pembangunan desa tahun 2019.

“Jumbara merupakan agenda tahunan yang akan dijadikan icon bagi Kabupaten Boltim dalam rangka pemberdayaan perempuan,” ujar Landjar dalam sambutannya.

“Kegiatan ini adalah bentuk dari wujud nyata emansipasi wanita dalam ikut mewujudkan pembangunan daerah lewat kegiatan-kegiatan positif,” sambungnya.

Selain itu, Bupati Landjar juga memberikan apresiasi kepada PKK Boltim.

“Kegiatan yang dilaksanakan ibu-ibu PKK berdampak baik terhadap perekonomian daerah. Buktinya, angka kemiskinan dan pengangguran di Boltim menurun,” jelas Landjar.

Ia juga menegaskan, kinerja PKK mendongkrak ekonomi miskin menuju sejahtera.

“PKK menggerakkan roda dengan turut andil dalam pertumbuhan perekonomian di daerah,” tandasnya.

Di akhir sambutan, Bupati Landjar berpesan, kegiatan Jumbara yang ke IX tahun 2019 ini diharapkan mempererat tali silaturahim antar sesama.

“Selamat berlomba, bukan karena lombanya tapi silaturahimnya yang terus dijaga. Jadilah orang bermanfaat dari pada orang sukses. Sebab, yang bermanfaat lebih penting dari pada yang sukses,” tutup Eyang, sapaan akrabnya.

Pembukaan Jumbara ini ditandai dengan pelepasan balon PKK oleh Bupati Boltim Sehan Landjar bersama Ketua TP-PKK Boltim Ny. Nursiwin Dunggio, Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit bersama Wakil TP-PKK Boltim Ny. Titiek S. Mamonto. Dilanjutkan dengan lomba defile oleh 80 desa peserta Jumbara se-Boltim.

Jumbara 2019 akan berlangsung selama 5 hari, sampai Jumat,18 Oktober.

Diketahui, untuk memaksimalkan kegiatan, panitia telah menyiapkan berbagai macam lomba yakni, lomba stand pameran, yang dikuti 80 Desa. Lomba ini untuk menampilkan hasil industri, potensi Desa, profil dan administrasi pemerintah serta PKK Desa. Ada juga lomba Ratu Lansia, Lomba Defile, Lomba Goyang Kaka Enda, Lomba Menu, Lomba Pidato Bahasa Mongondow, Lomba Stand, Lomba Iva Test, Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPK).

Turut hadir dalam pembukaan Jumbara, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim Oskar Manoppo, Assisten I, II, III Pemkab Boltim, Ketua DPRD Boltim dan sejumlah anggota, Kapolsek Urban Kotabunan, serta unsur Forkopimda. (Gazali Ligawa)