Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019, Kapolda Sambangi Polres Minahasa

272

Tondano, Mangunipost.com – Kapolda Sulut, Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto, Kamis (14/02), telah bertandang ke Mapolres Minahasa, dalam rangka mengecek kesiapan personil mengamankan Pemilu 2019.

Saat berada di sana, jendral bintang dua itu telah memeriksa administrasi serta kesiapan para personil terkait proses pengamanan nanti.

“Saya sengaja ke sini (Polres Minahasa-red) untuk mengecek kesiapan dan pengetahuan personil dalam pengamanan (Pemilu) nanti,” kata Kapolda Sulut, saat memberikan arahan kepada segenap personil Polres Minahasa.

Selanjutnya, Kapolda menuturkan bahwa personil Polres Minahasa harus mengetahui secara pasti berapa jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan diamankan. “Kenali petugas Linmas (Perlindungan Masyarakat) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) di TPS setempat,” pungkasnya.

Selebihnya, Kapolda menitikberatkan pentingnya memahami pola-pola pengamanan yang akan diterapkan. Untuk TPS klasifikasi kurang rawan, pola pengamanan 2-8-16 (2 polisi menjaga 8 TPS dibantu 16 Linmas). Untuk TPS klasifikasi rawan, polanya 2-2-4 (2 polisi menjaga 2 TPS dibantu 4 Linmas). Dan untuk TPS klasifikasi sangat rawan, pola yang diterapkan 2-1-2 (2 polisi menjaga 1 TPS dibantu 2 Linmas).

Adapun diketahui, Polres Minahasa dalam Pemilu tahun ini bakal mengamankan 1.029 TPS. Dan tugas pengamanan tersebut berada di bawah koordinir Kapolres Minahasa, AKBP M Denny Situmorang.

Sementara itu, saat menyambangi Polres Minahasa, Kapolda Sulut turut didampingi Kabid Propam, Kombes Pol Dheny Dariady, Kabid Humas, Kombes Pol Ibrahim Tompo, Kabag Dalops Biro Ops Polda Sulut, AKBP Ventje Lapod, Kabag Bin Ops Biro Ops Polda Sulut, AKBP Hansye Ratag. (*)

Penulis : Kelly Korengkeng

Editor : Jack Wullur