CEP : Torang CS Siap Bertarung, Golkar-PAN Resmi Berkoalisi

95

MANADO, ManguniPost.com – Harapan lahirnya sosok pemimpin srikandi di Bumi Nyiur Melambai, baru-baru ini ikut diwujud nyatakan koalisi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dimana, setelah mendapat SK dari PAN, Bupati Minsel dua periode, Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar (SSL) yang juga dua periode, kini telah memiliki tiket resmi untuk ikut bertarung dalam Pilgub 2020 Desember nanti.

Dalam bingkai politik Sulut, kehadiran CEP-SSL sebagai Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur ini jelas menjadi ancaman serius bagi petahana. Mengingat, pasangan tersebut memiliki ketrampilan memimpin daerah yang tak perlu diragukan lagi.

Bahkan, keduanya telah dipercaya untuk menjadi Bupati dua periode oleh rakyat Minsel dan Boltim.

Selain itu, CEP sendiri telah terkenal sebagai figur perempuan yang energik, tangguh dan sangat piawai dalam berdiplomasi. Tak heran jika CEP memiliki cukup banyak relasi dengan pemerintah pusat.

Apalagi, tahun lalu CEP satu-satunya wanita perwakilan Sulut yang sempat diundang untuk masuk dalam barisan kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Namun sayang, dirinya dijegal dengan selintingan isu politik-hukum.

Alhasil, CEP yang kandidat kuat sebagai Menteri Pariwisata saat itu, mau tak mau harus lapang dada, menerima persaingan politik yang tak sehat dari internal Sulut sendiri.

Lain halnya dengan SSL, suara lantang Bupati Boltim yang mengkritisi pemerintah pusat yang terkesan terlalu birokratif untuk rakyat, belum lama ini telah membuat dirinya layak diperhitungkan masuk dalam calon wakil gubernur periode berikut.

Kolaborasi keduanya, tentu menjadi harapan baru bagi rakyat Sulut untuk merasakan kesejahteraan itu merata dan bukan hanya milik segelintir orang atau kelompok saja.

Saat dihubungi awak media, Rabu (15/07). CEP sendiri telah membenarkan kalau PAN telah resmi memberikan dirinya SK untuk berpasangan dengan SSL maju sebagai calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sulut periode berikut.

Bupati cantik Minsel ini bahkan ikut membunyikan genderang ‘perang’, siap bertarung dengan para kompetitor lainnya. “Benar, torang CS siap bertarung,” singkat Paruntu, namun tajam.

Selebihnya, CEP mengungkapkan kalau koalisi Partai Golkar dan PAN sudah cukup kuota untuk mengusung keduanya maju dalam pencalonan. “Sudah cukup,” ujarnya, tanpa menutup ruang bagi partai politik lainnya yang juga ingin ikut berkoalisi. (*)