Dari Pelatihan Menulis MAPATIK, Pinontoan: Jurnalis Penopang Peradaban Modern

192

Tondano, MP
Komunitas Penulis MAPATIK gelar pelatihan menulis jurnalistik di Rumah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Kelurahan Sasaran, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa, Jumat (4/10)-Minggu (6/10).

Instruktur pelatihan menulis Komunitas MAPATIK, Denni Pinontoan mengatakan, manfaat kegiatan ini untuk memperoleh kemampuan-kemampuan teknis dalam menulis, khususnya menulis jurnalistik.

Ditegaskan, kegiatan-kegiatan pelatihan, kursus, atau semacam pengembangan dari kemampuan-kemampuan menulis seperti ini, termasuk jurnalistik, sangat penting.

“Karena sebenarnya selain filsuf, yang menopang peradaban modern itu adalah jurnalis. Sehingga ketika ada generasi muda ingin belajar, mau berproses bersama-sama tentang menulis jurnalistik, itu bagian juga dalam memikul tanggung jawab untuk melangsungkan peradaban. Itu filosofinya,” ujar Pinontoan.

Penulis Sulawesi Utara yang dikenal sangat produktif ini menjelaskan, hal praktis dari mengikuti pelatihan menulis jurnalistik seperti ini, para peserta dapat memperoleh kemampuan-kemampuan teknis. Dalam hal menulis beberapa genre jurnalistik.

“Salah satu yang paling mendasar adalah strike news, karena semua wartawan itu mulai berproses dari menulis strike news. Menulis apa yang paling aktual, apa yang paling terbaru sehingga sebenarnya dengan mengikuti pelatihan ini maka peserta memasuki dunia tulis menulis untuk menyampaikan informasi yang bisa mencerahkan,” tandas Pinontoan. (anugrah pandey)