Deklarasi Pemilu Damai Dikumandangkan di Kota Religi

206
Tampak Fokopimda menandatangani deklarasi Pemilu Damai. (ist)

Tomohon, MP
Memasuki babak baru. Pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2019 kini bersiap melangkah ke tahapan selanjutnya, yakni kampaye. Merespons hal itu, berbagai daerah mendeklarasikan Pemilu Damai. Pun, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Religius bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu) Bawaslu Tomohon juta tak ketinggalan. Pemilu Damai pula dideklarasikan bersama Anugerah Hall Tomohon, Selasa (18/9).

Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE AK mengatakan deklarasi ini berjalan sukses. Event demokrasi nanti lanjutnya, juga melibatkan partisipasi pemilih. Ia menuturkan, hendaknya masyarakat dan Aparatur Sipil Negara di Kota Tomohon dapat ikut dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Saya mengharapkan keterlibatan masyarakat dalam menyukseskan agenda ini. Kita pernah meraih penghargaan tingkat partisipasi masyarakat tertinggi. Tentu dalam Pemilu kali ini kita bisa mempertahankan capaian tersebut,” tutur Eman.

Sementara, Ketua Bawaslu Deisy Soputan dan Ketua KPU Drs Hariyanto Lasut MAP berharap, kegiatan ini bukan hanya seremoni belaka. “Kiranya kita bersama-sama berkomitmen mewujudkan pemilu damai yang sukses,” ujar keduanya.

Deklarasi ini juga dilakukan secara bersama oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon, Edy Winarko SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Julien Mamahit SH MH, Kapolres Tomohon, AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK, Dandim 1302/Minahasa, Letkol Inf Jubert N Purnama STh serta perwakilan partai politik dan tokoh masyarakat. (timmp/01)