Deprov: TIFF Harusnya Hidupkan Petani Bunga

275
Bart Senduk (ist)

Manado, MP

Ajang Festival Bunga Internasional Tomohon atau Tomohon International Flower Festival (TIFF) mendapat perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut).

Wakil rakyat Pelaksanaan berharap event tersebut benar-benar beri efek positif terhadap masyarakat Tomohon.

Dikatakan, sudah sekian tahun pemerintah mengadakan kegiatan ini namun hiasan bunga dinilai masih sangat kurang di wajah Kota Tomohon.

“Harus ada sesuatu yang menampakkan bahwa kota ini adalah kota yang dipenuhi bunga. Diharapkan supaya taman-taman kota ditambah dan diperbanyak. Sehingga kelihatan benar bunga yang ada di Tomohon. Bukan hanya ketika kegiatan TIFF,” ujar Anggota DPRD Provinsi Sulut, Bart Senduk, Rabu (8/8) 2018.

Dijelaskannya pula, eksistensi petani yang menanam bunga harus juga hidup. Pedagang bunga harusnya bisa membeli dari petani yang menanam di Tomohon. Begitu pula ketika kegiatan festival dijalankan harusnya bisa membeli dari petani.

“Jangan sampai sudah ada kesepakatan dengan petani bunga, petani sudah menanam tapi kemudian tidak dibeli ke petani,” tutur wakil rakyat Sulut daerah pemilihan Tomohon-Minahasa ini.

“Tanaman bunga harusnya bukan nanti hanya nampak ketika ada kegiatan TIFF tapi harus menjadi wajah kota Tomohon. Dengan demikian akan pula menarik wisatawan untuk bisa datang ke Tomohon,” kuncinya. (Iswan Sual)