Desk Pemilu KY Siap Hadapi Tantangan Pesta Demokrasi 2019

237

Manado, Mangunipost.com – Apa langkah yang ditempuh Komisi Yudisial (KY) dalam pesta demokrasi April mendatang, ikut dibeberkan melalui surat siaran pers nomor 08/Siaran Pers/AL/LI.04.01/3/2019.

Saat dihubungi awak media, Selasa (19/03), Ketua KY Jaja Ahmad Jayus, melalui Koordinator Kantor Penghubung KY perwakilan Sulut, Mercy Umboh telah menjelaskan adanya pembentukan Desk Pemilu yang dilakukan KY, dalam menghadapi proses hukum dugaan pelanggaran Pemilu 2019 di tingkat pengadilan.

“Desk Pemilu ini sebagai Satuan Tugas (Satgas) dalam menangani perkara Pemilu di persidangan. KY akan melakukan pemantauan persidangan perkara Pemilu di pengadilan, pengawasan hakim yang menangani perkara Pemilu, serta mengambil langkah advokasi terhadap hakim yang direndahkan keluhuran martabatnya selama menjalankan tugasnya dalam menangani perkara pemilu,” papar Umboh, saat mengemukakan isi siaran pers KY yang tembus kepadanya.

Selain itu, ditambahkan Umboh, pembentukan Desk Pemilu KY ini tak lepas dari komitmen KY dalam mendorong terwujudnya pelaksanaan Pemilu 2019 yang bersih dan adil.

“Pelaksanaan Pemilu 2019 berpotensi memunculkan sengketa pelanggaran administratif Pemilu yang diselesaikan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara, sementara pelanggaran tindak pidana pemilu diselesaikan di pengadilan umum. Pemantauan persidangan Pemilu merupakan langkah pencegahan KY dengan menggandeng beberapa perguruan tinggi. KY juga sudah menyiapkan panduan pemantauan sidang-sidang Pemilu yang akan dipakai tim pemantau. Oleh karena itu, KY mengajak semua elemen masyarakat untuk membantu menciptakan peradilan yang bersih,” tuntasnya. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur