Dibuka JFE, TMMD ke-103 Kodim Minahasa Resmi Bergulir

219
JFE selaku inspektur upacara memeriksa barisan. (ist)

Tomohon, MP
Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/ Minahasa Tahun 2018 resmi bergulir. Pembukaan kegiatan dipimpin Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak (JFE) di Stadion Babe Palar, Walian Senin (15/10).

Dalam sambutannya Eman menjelaskan, TMMD merupakan program kerja sama terpadu dan berkelanjutan antara TNI (Tentara Nasional Indonesia), Polri, kementerian dan lembaga pemerintahan non kementerian, pemerintah daerah serta masyarakat. Ini menyinergikan program masing-masing instansi untuk meningkatkan percepatan pembangunan di daerah.

“Melalui program TMMD ini, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Dengan kriteria sasaran berupa daerah yang tergolong tertinggal, terisolir, terpencil, perbatasan serta kawasan bencana,” kata JFE.

Diuraikannya, program yang mengambil tema tentara manunggal rakyat dalam mewujudkan desa yang maju, sejahtera dan demokratis ini, menjadi wujud kepedulian TNI dalam memberdayakan masyarakat. Semua unsur yang terlibat diajaknya untuk menyukseskan program TMMD. Tentu dengan semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

“Sehingga dapat membantu percepatan terwujudnya kesejahteraan dan rasa aman dikalangan masyarakat. Ini sangat diperlukan bagi keseimbangan pembangunan nasional,” tandasnya.

Sementara, Pangdam XIII Merdeka, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang mengataka, melalui program TMMD, pihaknya bersama unsur pemerintah daerah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Salah satu upaya kami, yakni dengan membuka jalan-jalan baru. Tujuannya, memudahkan sarana transportasi bagi masyarakat. Untuk itu kami minta masyarakat juga dapat bersama-sama dan mendukung akan kegiatan ini,” ujar Aritonang.

Di sela-sela upacara, dilakukan penyerahan bantuan dari Pemkot Tomohon berupa tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, sarana pertanian, peternakan dan perikanan kepada para perwakilan kelompok tani di Kota Tomohon. Ada juga pemberian sembako dari TNI dan Pemkot Tomohon kepada perwakilan masyarakat. Usai upacara Walikota JFE bersama jajaran TNI meninjau bakti sosial operasi bibir sumbing di Rumah Sakit Umum Daerah Pratama Anugerah Tomohon.

Tampak hadir dalam upacara utusan Mabes Polri, Brigjen Pol Utomo Cahyono, jajaran Kodam Xlll Merdeka, Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Joseph R Giri, Kasat Brimob Polda Sulut, Kombes Pol Iskandar SIK, perwakilan Bupati/Walikota, unsur Pemprov Sulut, Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky Wenur, Wakil Walikota, Syerly Adelyn Sompotan, pejabat Pemkot Tomohon, Muspida, tokoh agama dan masyarakat. (timmp/01)