Dies Natalis ke-19, UNPI Siapkan Tiga Prodi Baru

265

Manado, MP

Rektor Universitas Pembangunan Indonesia (Unpi) Manado, Dra. Debby Ch. Rende, M.Si, membuka Dies Natalis yang ke-19 tahun, serta menutup seluruh kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2019.

Pada pembukaan Dies Natalis dan penutupan PK2MB serta KKN Unpi 2019, Rende menegaskan semua  bagian dari Unpi harus bersatu.

“Seperti tema yang kita angkat pada Dies Natalis yang ke-19 Universitas Pembangunan Indonesia Manado, ‘Bersatu Menghasilkan SDM Ungul di-Era Reforum Musim Industri 4.0’ berarti kita semua harus siap bersatu,” ungkap Rektor Rende, saat memberikan sambutan, di God Bless Park, Sario Utara, Jumat (30/8).

Untuk menjaga agar persatuan selalu terjaga, menurut Rende harus dimulai dari hal-hal yang sederhana (kecil) seperti kedisiplinan waktu.

“Agar kesatuan terjaga, kita harus mulai dari hal-hal yang sederhana. Seperti disiplin waktu, karena waktu adalah hal penting. Apalagi mahasiswa baru, harus disiplin waktu. Jangan seperti kejadian yang terjadi tadi, banyak mahasiswa yang terlambat. Hal seperti itu harus diberantas, karena mental-mental seperti ini, setelah tamat akan menjadi orang-orang yang suka korupsi dan lain-lain,” katanya.

Ia juga menegaskan, jika ingin kampus Unpi unggul dan maju, semua harus bersatu untuk akreditasi institusi.

“Jika kita ingin kampus ini (Unpi) maju dan ungul, bukan hanya dari pimpinan yang didorong-dorong, tetapi kita semua harus bersatu, bekerja sama agar institusi kita bisa mendapatkan nilai akreditasi yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Karena, ada dua program studi yang sudah mendapatkan nilai baik. “Universitas Pembangunan Indonesia Manado, sudah ada dua program studi yang mendapatkan nilai lebih baik, yaitu program studi I. Ilmu Hukum dan program studi  Agribisnis pada Fakultas Pertanian,” katanya.

Secara langsung Rende menyampaikan kepada Pemerintah Kota Manado, yang diwakili Plt. Asisten II dr. Nora Lumentut, bahwa untuk sekarang Unpi ada 6 Fakultas dan 8 program studi.

“Kepada Ibu Asisten II Pemerintah Kota, dr. Nora Lumentut, sekarang ini Unpi ada enam Fakultas dan delapan Program Studi. Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro, Kosentrasi Diakomputer dan Sipil, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis, Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Sastra Program Studi Sasta Inggris, dan Fakultas Keperawatan Program Studi Ilmu Keperawatan dan Profesilan,” paparnya.

Di akhir sambutan, Rektor mengajak kepada seluruh mahasiswa, dosen dan pimpinan-pimpinan kampus untuk turut mendoakan, karena rencannya akan ada penambahan tiga program studi baru di Unpi.

“Kepada seluruh mahasiswa, dosen dan pimpinan-pimpinan kampus untuk mendoakan, karena rencannya akan ada penambahan tiga program studi, yaitu Farmasi, Manajemen dan Kesehatan Masyarakat. Dan mudah-mudahan bisa keluar tahun ini. Juga doakan untuk Fakultas Keperawatan yang sementara ini dalam proses, melengkapi data-data untuk pengajuan menaikan akreditasi. Agar semakin banyak mahasiswa yang masuk fakultas keperawatan. Karena, dua tahun terahir ini, fakultas keperawatan mahasiswanya agak menurun,” ungkapnya.

Kegiatan Dies Natalis ini juga diisi dengan acara seperti jalan sehat bersama, zumba dan lain-lain. (Roki Taliawo)