Dihadang Masuk Gedung Rakyat, Massa Tolak Sawit Bergesekan Dengan Aparat

458

Manado, MP

Massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Tolak Sawit melakukan aksi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (14/08).

Dalam aksinya, massa gabungan masyarakat Lolak dan aliansi sejumlah organisasi masyarakat serta organisasi mahasiswa ini sempat ricuh. Gesekan bermula ketika massa hendak masuk melakukan pertemuan dengan anggota dewan provinsi Sulut namun dihalangi aparat kepolisian.

Wakil rakyat yang bersikap ‘setengah-setengah’ untuk menemui massa aksi, memicu massa masuk ke dalam gedung rakyat tersebut. Akan tetapi, dicegat pihak aparatur negara, anggota kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Terjadi baku dorong di depan pintu masuk dikarenakan rakyat dihalangi untuk masuk ke dalam gedung rakyat.

“Masakan kami rakyat tidak diizinkan masuk ke dalam gedung yang pakai pajak dari kami. Padahal kami datang dengan maksud baik, akan tetapi anggota dewan sepertinya tidak mau menemui,” ujar Idi, salah satu warga Lolak yang melakukan aksi.

Masyarakat yang didorong oleh aparat, ada yang sempat terdorong dan jatuh. Peristiwa inilah yang menimbulkan kericuhan di depan pintu masuk Gedung Cengkeh. (Eka Egeten)