Dihadiri Wakapolda Sulut, Bupati ROR Apresiasi Seminar Kamtibmas di Raringis

242

Tondano, MP

Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring, MSi, memberikan apresiasi atas terselenggaranya Seminar “Sinergitas Pemerintah, Gereja dan Masyarakat dalam Meningkatkan Kamtibmas” yang digelar oleh Panitia Hari-Hari Raya Gerejawi (HHRG) Jemaat GMIM Bethesda Ranotana Wilayah Manado Selatan dalam rangka HUT ke-84 GMIM Bersinode di Gereja GMIM Syalom Raringis Selatan Wilayah Langowan Kelelondey pada Senin (23/10) kemarin.

Bupati ROR yang diwakili oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Drs. Meidy Rengkuan, MAP, yang tampil bersama Wakapolda Sulut Brigjen (Pol) Drs. Johni Asadoma, MHum dan Ketua BPMW Manado Selatan, Pdt. Handry Dengah, MTh sebagai Narasumber dalam seminar ini, mengharapkan agar Gereja harus tampil beda untuk memberitakan dan menyaksikan perbuatan besar dari Tuhan Yesus Kristus, dan terus menjadi garam dan terang dunia di tengah masyarakat yang cenderung pluralisme, dan harus menjadi perekat persaudaraan yang rukun atas sesama warga gereja dan masyarakat.

Sementara Wakapolda Sulut Brigjen (Pol) Johni Asadoma menyinggung soal peran Polri di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, Polri memiliki fungsi untuk menjaga atau memelihara Kamtibmas, melindungi mengayomi dan melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.

“Tindak kriminal yang terjadi di masyarakat yang menggangu Kamtibmas di Sulut cukup tinggi. Peran masyarakat dan Gereja pun sangat dibutuhkan dalam hal ini,” kata Asadoma.

“Gereja dituntut mengambil peran dalam mendidik jemaat agar menghindari segala bentuk kejahatan, agar tindak kriminal di tengah-tengah masyarakat tidak terjadi, atau minimal dapat ditekan. Gereja Polri dan masyarakat umum harus bersinergi dengam baik untuk menciptakan Kamtibmas, karena kesamaan Gereja dan Polri adalah melayani masyarakat,” ujarnya lagi.

Seminar yang diawali dengan laporan Ketua Panitia HHRG Jemaat GMIM Bethesda Ranotana Pnt. Agustivo Tumundo, SE, MSi, dan dipandu oleh Moderator Pnt. Jeffry Pay ini, turut dihadiri oleh Camat Langowan Barat Ir Lendy Aruperes, Kasat Lantas Polres Minahasa AKP Ruddy Repi, Kapolsek Langowan Iptu Fanny Tumanduk, Ketua BPMW Langowan Kelelondey Pdt. John Slat MTh, Ketua BPMJ Syalom Raringis Selatan Pdt. Lucy Maramis-Lumunon STh, Hukum Tua Desa Raringis Selatan Fanny Posumah, sejumlah Hamba Tuhan diantaranya Pdt Marfien Lumintang, STh, Pdt. Denny Bidulang, STh, Pdt. Fransis Tiwa, STh, para Pelsus dari kedua gereja tersebut dan jemaat setempat.

“Puji Tuhan, kegiatanSeminar ini boleh terlaksana dengan baik, kiranya dapat memberikan masukan yang berarti bagi pembangunan daerah dalam meningkatkan kamtibmas di wilayah kita masing-masing” kata Katua Panitia Pnt. Agustivo Tumundo didampingi Wakil Ketua Pnt. Boy Kolanus dan Sekretaris Wenny Imon ST. (Kelly Korengkeng)