Dinas Dikbudda Tomohon Tingkatkan Kapabilitas Proktor, Teknisi dan Operator

241

Tomohon MP
Dinas Pendidikan, dan Kebudayaan Daerah (Dikbudda) Kota Tomohon menggelar pelatihan proktor (pengawas), teknisi, dan operator pendataan peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serta Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Tahun Pelajaran 2019-2020. Kegiatan ini berlangsung di AAB Guest House, Kelurahan Matani Satu, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon, (9/10).

Kepala Dinas Dikbudda Tomohon, Dr. Juliana D. Karwur, M.Kes, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid), Pendidikan Dasar (Dikdas), Dra. Selvie Poluan, M.AP mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Utamanya mengembangkan kemampuan proktor, teknisi, dan operator. Tentunya demi menghadapi UNBK, dan USBN 2020.

“Supaya, para teknisi, proktor atau operator semakin siap. Apalagi, untuk aplikasi ujian, setiap tahun ada perubahan,” jelas Poluan.

Dia menambahkan, pelatihan ini dilaksanakan setiap tahun. Itu di saat sebelum pendataan peserta ujian. Terutama bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) peserta UNBK. Apabila tidak ada pelatihan seperti ini, nantinya tim teknis agak kesulitan. Adapun pendataan peserta ujian dimulai bulan Oktober 2019 sampai Februari 2020.

“Kiranya setelah diadakan pelatihan ini, sekolah-sekolah pelaksana UNBK atau USBN semakin siap. Niscaya, tidak ada kendala yang dihadapi. Baik proktor, teknisi, dan operator dengan mudah mengakses apa yang menjadi kebutuhan dalam ujian,” kunci Poluan.

Diketahui kegiatan ini dibuka Asisten Perekonomian, Djoike Karouw. Kemudian diikuti puluhan perwakilan SMP di Kota Tomohon. (risal kahidopang)