Dinas PUPR Manado Bersih-Bersih Selokan

194

Manado, MP

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Manado melakukan pembersihan sampah pada selokan, saluran air yang tersumbat. Romel Daud selaku pengawas berujar, kebersihan kota adalah bagian dari tugas mereka sebagai warga Manado yang baik.

Lebih lanjut Daud menjelaskan, untuk menjaga agar warga Kota Manado terbebas dari banjir ketika turun hujan, harus ada kesadaran diri masing-masing masyarakat untuk menjaga kebersihan kota.

“Kota Manado sudah sering terjadi banjir ketika turun hujan, karena sampah yang berhamburan di selokan, saluran air. Sehingga masyarakat perlu adanya kesadaran diri terhadap kebersihan kota,” ujar Romel Daud, Pengawas Dinas PUPR saat mengawasi petugas yang lagi kerja, di Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, depan gerbang kampus Unsrat, Kamis (11/7).

Ia juga menambahkan, masyarakat perlu belajar dari pengalaman beberapa bulan atau tahun kemarin bahwa beberapa kelurahan yang ada di kota Manado dipenuhi dengan air hujan, karena sampah yang dibuang dengan sembarangan.

“Pengalaman yang terjadi beberapa tahun atau bulan kemarin, curah hujan yang besar menimbulkan beberapa kelurahan terbenam air hujan, misalnya di Tuminting,” katanya.

Untuk itu, menjaga kebersihan kota harus dilakukan karena kebersihan sangat penting untuk diperhatikan. “Kiranya masyarakat Kota Manado bisa menjaga kebersihan, dengan cara jangan membuang sampah sembarangan. Marilah kita menjadi warga yang bertanggung jawab akan kebersihan,” harapnya.

“Seperti yang orang bilang, bahwa kebersihan adalah bagian dari iman, kalau diri kita bersih maka iman kita juga bersih,” tutup Romel. (Roki Taliawo)