Dinilai Sukses, Pilkada Minahasa Tuai Apresiasi

283

Tondano, MP
Perhelatan pesta demokrasi di Tanah Toar Lumimuut tuai apresiasi. Kesuksesan gelaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Minahasa Tahun 2018 jadi landasan. Buktinya, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof DR Harjono menutur, Pilkada Minahasa pantas mendapat pujian. Alasannya, antara 2 rival, tak ada yang ke Mahkamah Konstitusi atau DKPP.

“Jumlah paritisipasi pemilih di Minahasa yang cukup tinggi, yakni melebihi dari 80 persen. Tak hanya itu, ketika rapat pleno penetapan, calon yang kalah ikut hadir. Pencapaian ini jarang terjadi. Hasil ini merupakan berkat kinerja penyelenggara,” nilai Harjono, Senin (20/8).

Menurutnya Kabupaten Minahasa telah mewujudkan Pemilu yang sportif. Soalnya, demokrasi bukan tentang menang dan kalah. Akan tetapi, bagaimana harus memberi nilai, yaitu harga perbedaan pendapat dalam prosesnya. “Lagi pula ini ditengah situasi pluralisme dan harus dilakukan sesuatu yang berbeda, inilah toleransi,” sebutnya selaku pemantik dalam evaluasi regulasi Pilkada Minahasa Tahun 2018.

Ia menambahkan, demokrasi itu bukan soal baca buku dan teori. Melainkan jiwanya. Artinya, bukan membunuh minoritas. Namun, menjamin dan memenuhi hak-hak minoritas. Menurutnya, kode etik itu harus dikontrol oleh orang itu sendiri di dalam menjaga kredibilitas lembaga atas profesi yang dijalankan. (kelly)