Disdukcapil Tomohon Rekam e-KTP 11 Napi di Manado

237
Tampak para warga binaan (duduk) saat perekaman e-KTP berlangsung dan Tulus bersama Kepala Lapas Manado (berdiri). (ist)

Tomohon, MP
Gerakan proaktif terus diperagakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tomohon. Sebelumnya, gelaran perekaman e-KTP (electronic Kartu Tanda Penduduk) di Menara Alfa Omega Tomohon, sukses terlaksana.

Kini, aksi jemput bola kian digiatkan organisasi perangkat daerah besutan Albert J Tulus SH itu di Kota Tinutuan. Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Tuminting dan Rutan (Rumah Tahanan) Kelas II Malendeng di Kota Manado pun disambangi, Kamis (31/01).

Selaku Kepala Disdukcapil Tomohon, Tulus mengatakan, perekeman e-KTP di dua tempat tersebut berjalan baik. Hasilnya, 11 narapidana (Napi) warga Tomohon yang sementara menjalani masa hukuman di Lapas dan Rutan tersebut, sukses dilayani.

“Aksi jemput bola ini sangat penting. Itu berkaitan dengan upaya menyukseskan program-program pemerintah dalam aspek administrasi kependudukan serta catatan sipil,” tutur Tulus.

Dia mengimbau, bagi warga Tomohon yang belum memiliki dokumen kependudukan sah, semisal akte lahir, akte nikah, akte kematian, kartu identitas anak, e-KTP dan dokumen lainnya, segeralah mengurusnya ke Disdukcapil.

Terpisah, Walikota Jimmy F Eman SE Ak berharap, semua masyarakat Tomohon yang belum punya e-KTP agar secepatnya melakukan perekaman. Juga berusaha melengkapi dokumen kependudukan.

“Dokumen ini sangat penting dan dibutuhkan di setiap kegiatan maupun dalam bepergian,” singkat Eman.

Dikabarkan, pelaksanaan perekaman e-KTP tersebut, diapresiasi Kepala Lapas bersama para warga binaan. (*)

Editor : timmp