Dondokambey Bantah Ada Perusakan Waruga di Kuwil

999
Gubernur Olly Dondokambey (Iswan Sual)

Manado, MP

Tudingan beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang peduli situs budaya Minahasa bahwa pembangunan Waduk dan Jalan Tol Manado-Bitung merusak Waruga, dibantah Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.

Pernyataan tanggapan tersebut disampaikan langsung Olly saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna HUT Provinsi Sulut ke 54 di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut pada Senin (24/9) 2018.

Dikatakan Olly bahwa Pemerintah Provinsi Sulut tak bisa mengabaikan upaya pembangunan kebudayaan di daerah.

“Pembangunan kebudayaan kita juga sendiri tentunya kita tidak bisa melepaskan,” tukasnya.

Menurutnya, masyarakat salah paham dengan pembongkaran waruga, yang sebenarnya, hanya sebagai tahap awal sebelum tindakan perbaikan diambil.

“Beberapa waktu yang lalu pemerintah Provinsi Sulawesi Utara diributkan dengan budaya Waruga yang dibongkar di pembangunan bendungan Kuwil tapi setelah para stakeholder, para budayawan melihat sebenarnya bukan bongkar. Untuk merapikan lagi tentunya ada kita lakukan perbaikan-perbaikan,” ketus Olly.

Ada indikasi, menurut Dondokambey, foto-foto yang beredar di media adalah foto sebelum pelaksanaan perbaikan. Dan masyarakat percaya. Pandangan umum berubah ketika ada pemaparan dari pihak terkait.

“Jadi ada hal-hal perbaikan belum selesai, dong so foto kong opled. Katanya pembangunan merusak budaya yang ada. Tapi setelah mereka lihat dipaparkan akan dilakukan seperti apa, baru semua menyadari,” ujar mantan anggota DPRI imi.

Dondokambey menyampaikan  bahwa Waruga merupakan salah satu kebanggaan Sulut dan itu perlu disyukuri.

“Saya kira hal-hal inilah yang menjadi kebanggaan kita semua. Bahwa kebersamaan kita bisa berjalan terus dan kita tentunya patut berbangga dan bersyukur karena budaya kita,” tutupnya.(Iswan Sual)