Dongkrat Kemajuan Pariwisata, Kesadaran Wisata Publik Tomohon Dipupuk

248
Eman saat membuka kegiatan. (ist)

Tomohon, MP
Guna mendongkrat kemajuan dunia pariwisata di Kota Sejuk, kesadaran masyarakat soal wisata kian dipupuk. Itu dinyatakan lewat kegiatan sosialisasi sadar wisata yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tomohon di Wale Sarongsong, Kamis (8/11).

Kala membuka kegiatan, Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak menuturkan, geliat pertumbuhan kepariwisataan terus dirasakan masyarakat Kota Religi secara langsung. Tentunya melalui berbagai event pariwisata spektakuler berskala nasional dan internasional, yang digelar di Kota Tomohon.

Lanjut Eman, hal ini menimbulkan efek domino di sektor pembangunan perekonomian. Bahkan kian memicu pertumbuhan di berbagai sektor pembangunan daerah. Salah satunya pariwisata. Dimana, pertumbuhannya ditandai dengan grafik peningkatan tren kunjungan wisatawan di Kota Tomohon cukup signifikan.

“Pembangunan kepariwisataan pada hakikatnya merupakan sebuah sinergitas antara para pemangku kepentingan dan masyarakat. Pemerintah selaku regulator peraturan yang mendukung kegiatan kepariwisataan. Kemudian, masyarakat sebagai tuan rumah dan pelaku kepariwisataan” ujar Eman.

Lewat kegiatan itu, dirinya berharap dapat memberikan suatu terobosan untuk menyinkronisasi kinerja para pemangku kepentingan. Utamanya dalam meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata. Sasarannya, menjadikan Kota Tomohon sebagai tujuan pokok destinasi yang kompetitif di Indonesia.

Diketahui, narasumber kegiatan ini, Kepala Dispar Provinsi Sulawesi Utara, Daniel Mewengkang SE MSi, Sekretaris Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Sejuk, Jimmy Pontoh. Giat ini dihadiri Kepala Dispar Kota Tomohon, Masna Pioh SSos. (timmp)