Ekonomi Masyarakat Boltim Terus Diperkuat

259

Hasil 3 Tahun Memimpin Sehan Landjar dan Rusdi Gumalangit

Tutuyan, Mangunipost.com – Terobosan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar bersama Wakil Bupatinya Rusdi Gumalangit, tiga tahun belakangan ini memang sangat berdampak bagi masyarakat.

Dalam acara 3 tahun kepemimpinan yang digelar secara sederhana di Desa Togid, Sabtu (16/02). Bupati Boltim telah memaparkan apa saja yang dikerjakan Pemkab Boltim.  

Dan, dari sejumlah program yang dilaksanakan, dominan mengarah pada penguatan ekonomi masyarakat Boltim. Satu di antaranya, program pembangunan RTLH 3000-an unit.

“Tidak pandang bulu semua mendapatkan haknya. 3 kategori kita laksanakan, orang yang punya tanah namun rumahnya tak layak, kita ganti rumahnya. Orang punya tanah tapi tidak mampu bangun rumah, kita bangun rumahnya. Serta orang yang tidak punya tanah dan rumah, kita beri tanah dan bangunkan rumah serta diberi sertifikat,” papar Sehan.

Selain itu, Sehan mengungkapkan bahwa perkuatan ekonomi di kalangan nelayan juga telah menjadi perhatian Pemkab Boltim. Melalui berbagai program, termasuk upaya memberikan menjamin kepastian dan keselamatan kerja bagi para nelayan.

“Sudah 2 orang meninggal dunia mendapat 160 juta ahli warisnya, 8 orang mendapat 40 juta, 5 orang mendapat 20 juta, dan 1 orang dapat 8 juta. Kemudian ada 1200 nelayan lagi yang akan diasuransikan,” tuturnya.

Bahkan, warga Boltim yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan terus mendapat support fasilitas penunjang, guna mempermudah penjualan hasil tangkapan mereka. “Isteri dari para nelayan juga diberi motor untuk menjual ikan. Tahun ini kita akan tambah 10 unit lagi,” pungkasnya.

Selebihnya, Sehan berterima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam kurun waktu 8 tahun terakhir dirinya memimpin Boltim.

“Lebih dan kurangnya tetap ada. Paling tidak kita sudah melaksanakan apa yang kita harapkan. sedikit demi sedikit kita sudah keluar dari permasalahan,” tuntasnya. (*)

Penulis : Matt Rey Kartoredjo

Editor : Jack Wullur