Eksel Runtukahu, Si Calon Bintang Sulut United di Liga 2

747

Manado, MP

Dunia sepak bola Bumi Nyiur Melambai kembali bergairah. Kehadiran Sulut United jadi pemantik. Klub Liga 2 yang menjadikan Manado sebagai home base itu berhasil ‘membakar’ para pesepakbola muda Sulawesi Utara.

Benang historis menguak, Sulut tak pernah kehabisan stok talenta-talenta lapangan hijau. Terbukti, saat Sulut United melakukan seleksi pemain lokal baru-baru ini, antusias peserta nampak jelas. Hampir 100 petarung daerah Sulut menjajal peluang itu.

Salah satu sosok yang menyita perhatian Herry Kiswanto adalah Eksel Timothy Joseph Runtukahu. Pelatih Sulut United ini memberikan apresiasi khusus bagi putra Sasaran Tondano kelahiran 2 September 1998 itu.

Herkis mengakui, pemain muda yang biasa bermain di lini depan itu cepat beradaptasi dengan tim.

“Kami tetap memantau para pemain lokal. Kalau saya fair dan objektif dalam menilai permainan anak-anak ini. Kalau bagus, kita kontrak. Kalau belum, kita cari yang lain,” kata Herkis di sela-sela latihan perdana yang digelar di lapangan Unsrat Manado.

Namun, dalam amatan eks pemain bintang tim nasional sepak bola Indonesia itu, para pemain lokal sangat antusias dan cepat beradaptasi.

Selain Eksel, pemain lokal Sulut yang terlihat sudah mulai berlatih bersama tim, ada Renaldy Bella, Christofan Rampala, Herrie Lontoh dan Christofel Kombaitan.

Eksel sendiri dinilai berada di deretan paling atas pemain lokal Sulut yang kans dikontrak Sulut United untuk berlaga di Liga 2 tahun 2019 ini. Pemain yang dikenal gesit serta memiliki tendangan kaki kiri dan kanan yang kuat ini, diyakini bisa bersaing dengan senior-seniornya, bahkan menjadi pemain bintang di Sulut United.

Sebelumnya, adik dari pemain muda Vijay Runtukahu ini diketahui sudah berpengalaman di arena Liga 2. Sejak tahun 2017 ia tercatat sebagai striker Kalteng Putra, tim yang kini naik ke kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1.

Kini, harapan besar pencinta sepakbola Sulut ada di pundak Eksel dan kawan-kawan. Diyakini juga, di ujung kompetisi Liga 2, Sulut United akan beranjak ke Liga 1 dengan penuh kebanggaan.

Arsitek Sulut United dipastikan Herry Kiswanto. Mantan pelatih Persmin ini akan dibantu Leo Soputan sebagai Asisten Pelatih dan Arjuna Rinaldi sebagai pelatih kiper dan Robby sebagai pelatih fisik. (Tim MP)