Eman Buka Ekspresi JMS Tomohon 2018

239
Saat pembukaan kegiatan. (ist)

Tomohon, MP
Walikota Jimmy F Eman SE Ak resmi membuka kegiatan Ekspose Prestasi dan Kreativitas Siswa (Ekspresi) Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kota Tomohon Tahun 2018, Senin (24/9). Kegiatan ini diprakarsai Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sejuk.

Walikota menjelasakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sejak Tahun 2016 telah bermitra dengan Korps Baju Cokelat Kota Religi. Tentunya dengan mengadakan kegiatan JMS. Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan karakteristik berupa pengenalan sekaligus membangun budaya hukum sejak usia dini.

“Dengan demikian, generasi muda kian sadar hukum, karakter siswa terbentuk dan prestasi diraih,” ujar Eman saat pembukaan kegiatan yang di pusatkan di Sport Hall Yayasan Lokon St Nikolaus Tomohon.

Dijelaskan pula, JMS dikemas dalam berbagai kegiatan yang bersentuhan secara langsung dengan kreativitas dan prestasi siswa. Ia berharap, para siswa, guru, kepala sekolah dan institusi pendidikan, bukan hanya memiliki pengetahuan. Namun selalu sadar dan taat pada hukum yang berlaku.

“Kami pun berupaya memperkuat pendidikan karakter di sekolah lewat budaya jujur, berakhlak mulia dan mandiri. Sehingga dapat tercipta lingkungan pendidikan yang nyaman dan berkualitas,” tambahnya.

Sementara, Kejari Tomohon, Edy Winarko SH MH mengatakan, lewat program JMS diharapkan akan terwujud revolusi karakter bangsa. Sebagaimana tercantum dalam agenda pembangunan nasional, Nawacita ke-8, yaitu melaksanakan revolusi karakter bangsa di bidang pendidikan nasional.

“Apresiasi tinggi bagi Pemkot Tomohon yang telah mendukung penuh dan memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini. Seyogianya, ini dapat memperkuat pendidikan karakter anak didik menuju generasi emas masa mendatang,” tutup Winarko.

Sebelumnya Kepala Dinas Dikbud, Dr Juliana D Karwur MKes MSi menguraikan, Ekspresi JMS ini memperlombakan pemilihan Putra Putri Duta Adhyaksa Kota Tomohon tingkat SMA/MA/SMK. Selain itu adapula lomba jaksa cilik tingkat SD/MI. Lomba yel-yel tingakat SMA/MA/SMK dan SMP/MTS. Lomba pidato tingkat SMA/MA/SMK dan SMP/MTS. Kemudian lomba stand up comedy tingkat SMA/MA/SMK.

Tampak hadir Anggota DPRD, Ladys Turang SE dan Syenni Supit, Wakapolres Tomohon, Kompol Joice Wowor, jajaran Pemkot Tomohon, para kepala sekolah, guru dan perakilan sisea SD, SMP dan SMU. (timmp/01)