Eman Lantik Forum Protokol Pemkot Tomohon

215
Saat pelantikan berlangsung. (ist)

Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak melantik secara resmi Forum Protokol di Kota Sejuk, Kamis (13/9). Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan fasilitasi dan pembinaan keprotokoleran yang bertempat di Rumah Dinas Walikota Tomohon. Adapun pembentukan forum protokol berdasarkan Surat Keputuan Walikota Tomohon Nomor 253 Tahun 2018.

“Forum ini diharapkan menjadi mitra kerja dari Bagian Humas (Hubungan Kemasyarakatan) Protokol Setda (Sekretariat Daerah) Kota Tomohon dalam melaksanakan tugas-tugas keprotokolan di Kota Tangguh,” tutur Eman.

Walikota menjelaskan, demi peningkatan pengetahuan dan keterampilan di bidang keprotokolan, diperlukan pengaturan. Itu menyangkut tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Tentu sesuai dengan Undang-undang Nomor 9 Tahun 2010 dan peraturan lainnya.

Di dalamnya terdapat usaha peningkatan pemahaman soal pelaksanaan tata aturan penyelenggaraan keprotokolan di Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon. Pun diatur pula mengenai menghormati kedudukan pejabat-pejabat pemerintahan serta tokoh masyarakat tertentu di setiap acara atau kegiatan.

Jadi kata Eman, pengatur protokol harus disesuaikan dengan dinamika yang berkembang dalam sistem ketatanegaraan, budaya dan tradisi masyarakat.

“Protokol adalah penanggung jawab acara/kegiatan. Sebab tugas pokok protokol dalam penyelenggaraannya, yakni memberikan informasi yang tepat kepada pimpinan. Mengatur kelancaran acara dari pimpinan. Termasuk di dalamnya seorang MC (master of ceremony = pembawa acara) yang memegang peranan penting terhadap jalannya suatu acara,” ujar Eman.

Dirinya mengharapkan, kegiatan yang sangat positif ini bisa memberikan ilmu pengetahuan kepada seluruh peserta. Bahkan dapat memahami dengan baik dan mengerti apa saja yang menjadi konsep dasar keprotokolan di lingkup Pemkot Tomohon. Sehingga dapat mewujudkan pola piket pola tindak dan persepsi ketika melaksanakan tugas-tugas keprotokolan.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Edvin MJ Joseph SSTP MSi melaporannya, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan sistem dan mekanisme pengaturan keprotokolan. “Pelaksana keprotokolan perlu meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan perilaku. Tentu pengaturan keprotokolan akan melalui pembinaan keprotokoleran di lingkungan Pemkot Tomohon,” kata Joseph.

Tampil selaku narasumber, yakni Kasubag Hubungan Keprotokolan Biro Protokol Kementerian Dalam Negeri RI, Haru Anggoro SSTP. Sedangkan Public Speaker, Piet Hein Pusung SSTP. Peserta merupakan Aparatur Sipil Negara utusan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemkot Tomohon. (timmp/01)