Fakultas Hukum Unsrat Berpartisipasi di Lomba Kolintang Piala Presiden II

234

Manado, MP

Tahun 2006, Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih (GPPMP), berhasil menyelenggarakan Lomba Musik Kolintang tingkat Nasional Piala Presiden I.
Kegiatan yang dilaksanakan GPPMP itu pun disambut luar biasa berbagai komunitas musik kolintang di tanah air, dan diangap berkelas.

Tahun 2019 ini, kembali dilaksanakan Lomba Musik Kolintang Piala Presiden II di Batam dari 26-27 Juni. Pada lomba tersebut, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) turut meramaikan acara yang dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Riau, Kota Batam itu.

Fakultas Hukum Unsrat hadir sebagai peserta, karena memiliki kecintaan pada budaya di Indonesia.

“Fakultas Hukum Unsrat mengikuti kegiatan ini sebagai bagian dari kecintaan pada budaya Indonesia,” ungkap Dekan Hukum Dr. Flora P Kalalo, SH, MH, via whatsApp.

Jelas Flora, para mahasiswa selain kuliah, mereka juga harus mampu mengembangkan bakat.

“Tugas pokok mahasiswa, selain kuliah mereka juga harus mampu berkreasi, inovatif, dan mengembangkan bakat,” katanya.

Acara yang diketuai Drs. Max Ruland Boseke, M.M, M,Sc itu bertujuan memperingati Peristiwa Heroik Merah Putih 14 Februari 1946 sebagai tonggak perjuangan, mempertahankan proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 di luar Jawa.

Memperkenalkan musik kolintang di kepulauan Riau dan kawasan barat Nusantara adalah bagian dari pelestarian budaya bangsa sekaligus memperjuangkan Kolintang ke Unesco. (Roki Taliawo)