FIB Unsrat Gelar Seminar ‘Kajian Sejarah Klenteng dan Persebarannya di Manado’

188

Manado, MP

Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Jurusan Ilmu Sejarah menggelar seminar dengan mengusung tema ‘Kajian Sejarah Klenteng dan Persebarannya di Kota Manado’.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka kesadaran sejarah dan mutu akademik di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya serta menyebar luaskan hasil penelitian,” ungkap Ketua Jurusan Sejarah FIB, Dr. Ivan R.B. Kaunang, SS, M.Hum, Rabu (18/09).

“Dalam kegiatan ini dibahas beberapa topik besar dan menghadirkan pembicara berkompeten di bidangnya masing-masing yakni pertama, ‘Tionghoa Manado dan Nasionalisme’ oleh Hendry Gunawan, SS. Ia peneliti/fungsional BPNB, mahasiswa Prodi Sejarah UGM. Kedua dibahas topik ‘Kajian Klenteng dan Persebarannya di Manado’ yang dibawakan Dr. Ivan R.B. Kaunang, SS, M.Hum,” ujarnya.

Dia pun melanjutkan, tujuan diadakan seminar ini untuk membuka cakrawala berpikir semua pihak dan melihat betapa pentingnya penelitian sejarah, budaya. Terlebih khusus tulisan ilmiah tentang klenteng-klenteng yang ada di Indonesia, terutama di Sulawesi Utara.

“Masih jarang ada tulisan-tulisan ilmiah yang mengangkat tentang klenteng-klenteng di Indonesia, terutama daerah Sulut. Sehingga pengetahuan tentang sejarah, budaya Tionghoa, terlebih khusus pengetahuan tentang klenteng, masih belum banyak diketahui masyarakat luas,” lanjutnya.

“Sejarah dan budaya ada rekonstruksi masa lampau. Kaitanya dengan identitas, jati diri, dan pengalaman akan dirinya. Dengan mengenal dirinya akan diketahui segala pemenuhan akan dirinya yang tepat kini dan ke depan,” tutupnya. (Eka Egeten)