FRNK Solid, Felly Runtuwene Masih Ketua Fraksi

423
Felly Runtuwene

Manado, MP

Posisi Felly Esterlita Runtuwene sebagai Ketua Fraksi Restorasi Nurani untuk Keadilan (FRNK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Utara (DPRD Sulut) yang sempat dikabarkan telah beralih kepada Bart Yosephus Kalalo Senduk ternyata masih sebatas wacana dan klaim sepihak.

Dikatakan Felly Runtuwene bahwa justru Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), bekas partai Bart Senduk itu, telah menunjuk ulang dirinya menjadi ketua fraksi.

“Kan kata Andre dia hanya membaca surat masuk. Tapi, soal tidak absahnya Bart pak Andre selaku ketua fraksi baru, diserahkan ke fraksi untuk berembuk kembali. Makanya saya undang rapat hari ini. Dan hasilnya, saya tetap ditunjuk jadi ketua. Padahal saya sudah sangat sibuk,” beber Felly.

Tapi, dikatakan Runtuwene bahwa Bart Senduk, sudah tidak lagi dilibatkan dalam rapat yang dilaksanakan Selasa (6/11) 2018.

“Bart Senduk, sesuai aturan, sudah tidak lagi diundang. Dan PKPI tetap memutuskan memberikan jabatan ketua fraksi kepada Nasdem. Itu sesuai rapat fraksi. Bukan main tanda tangan di luar rapat ya,” pungkas Runtuwene.

Bahkan, lebih lanjut Fellly mengatakan bahwa rapat Fraksi turut dihadiri pengurus PKPI.

“Dari PKPI sendiri pun turut menyaksikan rapat itu. Kami akan masukan surat ke DPR secara resmi,” tutur Felly.

Hadir dalam rapat fraksi antara lain Arifin Dunggio dan pimpinan PKPI, Nori Langi, Felly Runtuwene. Noldy Lamalo diundang, namun sedang dalam tugas luar daerah.

“Skali rapat dihadiri oleh anggota fraksi dan dilaksanakan di ruang fraksi. Tiga anggota fraksi hadir, Pak Donggio, Ibu Norrie, saya sendiri. Pak Noldy diundang tapi sedang tugas luar. Jadi, pak Donggio sekaligus sudah menempati posisi anggota Banggar,” kata politisi Partai Nasional Demokrat itu.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa rapat fraksi yang dihadiri pula oleh ketua dan sekretaris Dewan Pimpinan Provinsi PKPI itu telah menuangkan kesepakatan mereka dalam bentuk MoU.

“DPP PKPI hadir untuk menjaga keputusan. Dan kami telah membuat MoU. Isi dari kesepakatan antara Nasdem dan PKPI terkait soal Bart digantikan Dongio. Jadi, semua sesuai aturan. Nanti hasil ini juga akan disampaikan ke Hanura” ujar Felly. (Iswan Sual)