Gelar Pelatihan Jurnalistik, MAPATIK Sasar Jurnalis dan Mahasiswa

306

Tomohon, MP

Komitmen Komunitas Penulis Muda Minahasa MAPATIK dalam berbagi pengetahuan tentang jurnalistik, patut diapresiasi. Itu terlihat dari sejumlah pelatihan yang terus digencarkan para penulis muda yang ada di tanah Malesung.

Teranyar, MAPATIK kembali menggelar pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini dihadiri belasan orang penulis, jurnalis maupun mahasiswa di Sulawesi Utara (Sulut). Pelatihan  bertajuk “Manjo sama-sama di Kelas Jurnalistik MAPATIK” itu digelar di Wale MAPATIK II, Perum Griya Bangun Tomohon Lestari II, Kelurahan Lansot, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Jumat (7/6) – Sabtu (8/6).

Director Komunitas Penulis Muda Minahasa MAPATIK, Rikson Karundeng menjelaskan, pelatihan ini untuk menambah pengetahuan dan kemampuan menulis berita sehingga peserta bisa menulis sesuai kaidah jurnalistik.

Peserta pelatihan melakukan praktek wawancara.

“Ini untuk memberi pengetahuan dan pemahaman soal penulisan berita yang baik dan benar,” ungkap Karundeng.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun jejaring sesama penulis.

“Untuk mengembangkan keterampilan menulis jurnalistik bagi peserta dan membangun jejaring antar sesama penulis,” terang jurnalis Media Sulut itu.

Anes Tumengkol, salah satu peserta dalam kegiatan itu berharap, kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini, melainkan bisa memberikan output bagi para peserta.

“Saya berharap usai kegiatan ini ada sesuatu yang bisa didapatkan para peserta. Selain bisa menulis lebih baik, ada pembuatan buku dan lain-lain,” ucap Tumengkol.

Diketahui, kegiatan ini digelar selama tiga hari, 7-9 Juni 2019. Di hari pertama para peserta mendapatkan pengetahuan teori jurnalistik.

“Hari kedua, Rikson Karundeng selaku fasilitator memberikan materi tentang straight news. Hari kedua dan ketiga para peserta juga mendapat pengetahuan soal teknis menulis” terang penanggungjawab kegiatan, Hendra Mokorowu. (Roki Taliawo)