Gerhana Matahari Cincin di Indonesia, Masyarakat Sulut Bisa Mengamati Pada Sore Hari.

59
Gerhana Matahari, Lapan

Pada hari ini, Minggu (21/6/2020), akan terjadi fenomena alam Gerhana Matahari Cincin ( GMC). Di Indonesia tak semua wilayah di Tanah Air bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin. Fenomena GMC tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan summer solstis, sehingga dinamakan Cincin Api Solstis. Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan), menyebutkan, Cincin Api Solstis cukup langka karena terakhir terjadi pada 21 Juni 1648 dan akan terulang lagi pada 21 Juni 2039. Gerhana kali ini bisa disaksikan di 432 kota dan kabupaten yang ada di 31 provinsi. 

di Kutip dari Kompas.com di Indonesia, gerhana paling awal bisa disaksikan di Sabang, Aceh, pada pukul 13.16 WIB. Sementara, kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir yakni Kepanjen, Jawa Timur, pada pukul 15.19 WIB. Adapun, untuk waktu puncak gerhana juga akan disaksikan pada waktu yang berbeda.

Masyarakat Sulawesi Utara dapat mengamati fenomena alam tersebut pada pukul 15.24 sampai 17.31.

Melansir dari akun resmi @lapan_ri, GMS akan mengalami ketertutupan maksimal di Indonesia jika diamati dari Pulau Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Editor : Lucky S