GMKI Cabang Tomohon Gelar Pelatihan Menulis Jurnalistik

397

Tomohon, MP
Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Tomohon menggelar kegiatan ‘Pelatihan Menulis Jurnalistik’ di Royal Maranatha Residences, Sabtu (6/4).

Kegiatan ini diikuti oleh 18 orang mahasiswa dari dua perguruan tinggi yang ada di Kota Tomohon. Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) dan Universitas Sariputra (UNSRIT).

Peserta sedang melakukan praktek wawancara.

Hadir sebagai narasumber penggerak komunitas penulis Sulawesi Utara, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Media Sulut, Rikson Karundeng dan penulis yang juga penggerak Komunitas Penulis Muda Minahasa MAPATIK, Abraham Lintong.

Kegiatan yang berlangsung di Royal Maranatha Residences itu bertujuan untuk melatih mahasiswa yang berada dalam organisasi GMKI agar memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam membuat sebuah karya tulis, khususnya jurnalistik.

Jurnalis, penggerak Komunitas MAPATIK Hendra Mokorowu mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa yang berada dalam organisasi GMKI untuk bisa mengetahui tentang seluk beluk sebuah karya tulis. Khususnya menulis jurnalistik.

Mokorowu berharap kegiatan ini akan bermanfaat bagi para mahasiswa ke depan. “Saya berharap teman-teman bukan hanya bisa menjadi seorang jurnalis saja tetapi juga kegiatan ini bisa berguna misalnya dalam penyusunan skripsi, tesis dan semua hal yang berkaitan dengan menulis,” ujar Mokorowu yang ikut hadir mendampingi para peserta.

Gratia Maskikit, salah satu peserta pelatihan menulis mengungkapkan, ia senang bisa mengikuti kegiatan pelatihan menulis ini.

“Saya yang awalnya pesimis menjadi optimis dan memiliki semangat untuk bisa menjadi seorang penulis. Saya harap, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan hari ini saja melainkan ke depannya dan terus-menerus bisa diadakan. Agar bisa memberikan semangat serta motivasi bagi anggota-anggota GMKI lainnya untuk bisa memiliki motivasi untuk membuat sebuah karya tulis,” tuturnya.

Ketua Cabang GMKI Tomohon, Steve Tarore di sela-sela agenda itu mengatakan, kagiatan seperti ini akan dilakukan terus-menerus karena GMKI ingin melahirkan kader-kader yang memiliki karya tulis.

Tarore pun menghimbau agar peserta yang mengikuti kegiatan ini untuk mengikuti dengan baik. “Agar ke depannya bisa menghasilkan sebuah karya tulis,” ucapnya.

Penulis : Evelin Leonita Marantika
Editor : Christian Karundeng

Pimpinan GMKI Cabang Tomohon, narasumber dan peserta pelatihan usai kegiatan digelar.