Hak Pilih Bukan Barang Dagangan!

412
Nedine Helena Sulu
Nedine Helena Sulu

Nadine Sulu Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang

Tondano, Mangunipost.com – Bebaskan pesta demokrasi di Indonesia sepenuhnya dari pratik ‘money politics’ atau politik uang, memang bukan hal mudah. Namun, Nedine Helena Sulu melihat hal itu harus terus diperjuangkan.

Tak pelak, aktivis perempuan yang memilih bertarung dalam bursa Legislatif Minahasa periode 2019-2024 ini, menegaskan kalau dirinya takkan menggunakan kebiasaan lama politik uang demi mendapatkan suara rakyat.

Bahkan, Nadine berpandangan hak pilih atau suara rakyat bukan barang dagangan yang bisa seenaknya dibeli dengan rupiah oleh para calon wakil rakyat.

Sehingga, Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kabupaten Minahasa yang maju dari Dapil IV (Kecamatan Mandolang, Pineleng, Tombulu, Tombariri, Tombariri Timur) ini merasa perlu angkat suara, mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama menolak politik uang di tanggal 17 April nanti.

“Khususnya para pemilih pemula dan perempuan untuk menggunakan hak suaranya dan menjaga keharmonisan lingkungan serta menolak keras politik uang,” ajak Nedine, Selasa (09/04).

“Ayo buktikan kepada mereka jika rakyat sudah cerdas. Rakyat tidak lagi butuh janji-janji apalagi dibodohi dengan politik uang,” sambungnya, dengan penuh semangat.

Lebih dari itu, Nedine melihat kalau politik uang yang terjadi selama ini adalah akar dari tindak pidana korupsi. “Selama ini kita lihat kalau banyak Anggota Dewan yang tersandung kasus korupsi, itu karena mereka harus mengembalikan biaya politik yang mereka habiskan selama kampanye,” tuturnya.

Tak hanya itu, Nedine juga menyoroti aksi wakil rakyat terpilih yang kerap tutup telinga ketika aspirasi masyarakat didengungkan. “Kan mereka pikir mereka sudah beli suara rakyat, makanya tidak heran kalau mereka tidak bekerja saat jadi wakil rakyat nanti,” tanggapnya.

Selebihnya, anggota Presidium Swara Manguni Sulut ini mengutarakan kalau Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai Partai Politik baru yang dipimpin Grace Natalie telah berkomitmen untuk melawan politik uang di Pemilu 2019.

“Sebagai partai baru PSI ingin melakukan breakthrough. Kami ingin mengedukasi masyarakat, jadi kemenangan yang sesungguhnya bagi kami adalah ketika pesta demokrasi ini bisa bersih dari politik uang,” tandas Nedine. (*)

Kontributor : Kharisma Kurama

Editor : Jack Wullur