Hak Pilih Praja IPDN Minahasa Tak Terabaikan

342

Tondano, MP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara, baru-baru ini telah menyambangi Kampus Praja IPDN Sulut, yang berlokasi di Tampusu.

Saat bertandang ke sana, Koordinator Wilayah Minahasa KPU Sulut, Meidy Yafeth Tinangon bersama tim telah didampingi KPUD Minahasa, untuk menggelar sosialisasi terkait Pemilu 2019.

Kehadiran Tinangon cs pun telah disambut hangat Direktur IPDN Kampus Sulut, DR Noudy Tendean di aula IPDN.

Dalam materinya, Tinangon telah mengangkat topik mengenai posisi pemilih praja IPDN yang mayoritas berasal dari luar daerah. Dan menerangkan kalau proses pindah memilih dapat dilakukan.

“Kita akan fasilitasi untuk pengurusan formulir pindah memilih atau formulir model A5 tanpa harus mengurusnya di daerah asal. Sekarang hal itu dimungkinkan sehingga mempermudah pemilih yang sudah terdaftar di DPT daerah asal namun karena keadaan tertentu seperti sedang kuliah di luar daerah sehingga tidak dapat menggunakan hak pilihnya di daerah asal,” terang mantan Ketua KPUD Minahasa itu.

Selebihnya, Tinangon menuturkan bahwa kehadiran timnya di Kampus IPDN Tampusu juga dalam rangka mendata jumlah Praja IPDN pemilih yang akan turun lapangan di sejumlah desa, April ini.

Sementara itu, terkait kegiatan sosialisasi KPU Sulut, Tendean telah menyambut baik. “Mendagri melalui Rektor IPDN telah menghimbau kepada jajaran IPDN termasuk Praja untuk menggunakan hak pilihnya tanggal 17 April nanti. Terima kasih kepada KPU yang siap memfasilitasi hak pilih praja IPDN,” tutur Tendean, eks Karo Tata Pemerintahan Pemprov Sulut.

Patut diketahui, Tim Sidalih KPUD Minahasa sendiri di bawah pimpinan Ketua Diviai Data Lidya Malonda dan PPK Kecamatan Remboken telah melakukan pengecekan awal melalui aplikasi Sidalih, terkait keterdaftaran para praja dalam DPT. (*)

Penulis : Kelly Korengkeng

Editor : Jack Wullur