Hidayat Nur Wahid: Hak presiden untuk memberikan penghiburan

256
stuntman Jokowi (instagram)

Jakarta, MP 

Wakil Ketua Majelis Prmusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid enggan berbicara banyak mengenai video aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (18/8). Menurut dia, itu adalah hak Jokowi untuk memberikan hiburan di pembukaan Asian Games.

“Tapi tentang apakah kemudian itu pantas atau tidak, sebagian orang mengatakan ini bentuk dari amusement, semacam hiburan, ya itu adalah hak presiden untuk memberikan penghiburan,” kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/8).

Politikus PKS ini menilai memang tidak mungkin Jokowi bisa berada di Stadion GBK dalam waktu yang sangat cepat. Tetapi, dia tetap mengapresiasi pembukaan Asian Games itu.

“Tapi kalau beliau menyampaikan secara terbuka bahwa ‘tadi itu jangan dikira saya lho (yang mengendarai motor), memang kalau saya bagaimana presiden kalau sampai cedera-cedera dan apalagi sepeda motornya juga enggak pakai pelat nomor. Kalau beliau menyampaikan itu juga baik-baik saja,” ungkapnya.

“Tapi kalau beliau tidak menyampaikan, ya itu sudah terjadi dan Alhamdulillah tidak ada yang cedera dan ke depan saya kira rakyat Indonesia juga akan semakin cerdas untuk memperhatikan pertunjukan-pertunjukan semacam ini,” ucapnya.

Diketahui, Opening ceremony Asian Games 2018 yang memukau masyarakat masih menyisakan sebuah tanda tanya. Yakni, terkait aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan lincahnya mengendarai motor gede (moge) Yamaha FZ1.

Bahkan, dalam video pembukaan tersebut, diceritakan Jokowi terbang dengan mogenya demi menembus kemacetan. Tak lupa dia juga mengerem mendadak dengan gaya stoppie.

Namun belakangan terungkap, Suddum So, stuntman asal Thailand yang dipercaya menjadi pemeran pengganti Jokowi mengendarai sepeda motor tersebut.

Dalam akun instagram @saddum, dia mengunggah di balik layar saat pengambilan gambar Jokowi terbang dengan mogenya.

“Im stunts from Thailand. I dream to go play stunts around the world,” tulis Suddum di profil akun instagramnya, seperti dikutip merdeka.com, Minggu (19/8) 2018. (merdeka.com)