Hindari Permasalahan Hukum, Forkom Setwan se-Sulut Gelar Bimtek

142

Manado, MP

Forum komunikasi (Forkom) Sekretariat Dewan (Setwan) se-Sulawesi Utara (Sulut) gelar bimbingan teknis (bimtek). Bimtek ini untuk menyamakan visi dan misi karena tanggung jawab dari Setwan adalah mendukung kinerja para legislator yang diberikan mandat oleh rakyat.

Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut, Bartolomeus Mononutu menjelaskan, ini merupakan agenda tahunan. Bimtek digelar selama dua hari, 18-19 Juli 2019, di Hotel Grand Puri Manado.

“Sebagai laporan yang disampaikan bahwa pelaksanaan forum setwan ini adalah maksud tujuannya untuk menyamakan persepsi tentang semua tugas-tugas dan pekerjaan dunia sekretariat dewan. Ini tidak bisa terlepas dari tugas dan fungsi anggota dewan yang difasilitasi,” ucapnya kepada awak media, Kamis (18/07).

Dia juga menjelaskan, sejauh mungkin akan berusaha agar selama pelaksanaan tugas sebagai staf sekretariat dewan tidak ada hal-hal keliru atau salah, apalagi yang berpotensi masalah hukum. “Nah, ini waktunya membagi informasi. Kadang di tempat lain mempunyai persepsi berbeda dan ini merupakan waktu yang tepat untuk menyamakan persepsi,” tuturnya.

Dalam Bimtek kali ini, akan ada materi terkait pelantikan anggota DPRD.

“Sesuai dengan regulasi, nara sumber (narsum) akan dihadirkan termasuk yang dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri). Akan memberikan materi tentang persiapan pelantikan anggota dewan terpilih. Karena anggota dewan untuk Provinsi Sulut pelaksanaan pelantikan anggota baru tahun 2019-2024 akan digelar pada 9 September 2019. Maka dari Kemendagri akan memberikan materi tatacara pelantikan dan protokoler supaya tidak ada yang salah dan canggung,” ungkapnya.

“Jadi fokus untuk kegiatan ini supaya tidak ada masalah hukum yang terjadi di kemudian hari dalam pelaksanaan tugas kita,” tandasnya. (Eka Egeten)