IAKN Manado Buka Jalur Selnas PTKKN Berbasis Portofolio

778

MANADO, ManguniPost.com – Untuk mempermudah calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu memperoleh beasiswa, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado ikut membuka jalur Seleksi Nasional (Selnas) berbasis portofolio.

Demikian ditegaskan Rektor Jeane M Tulung, usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Selnas Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) di IAKN Manado, Jumat (14/02).

Dimana, jalur seleksi portofolio ini berlaku bagi lulusan tahun 2020 dan tahun 2019. “Untuk Selnas PTKKN, hasil Rakor telah memutuskan bahwa IAKN Manado akan  membuka jalur seleksi mahasiswa bakat minat berbasis portofolio,” terang Tulung.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan seleksi tersebut berlaku khusus. “Jalur seleksi ini ditujukan pada siswa SMA/SMU Negeri/swasta dari keluarga miskin namun memiliki prestasi akademik tinggi, dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Indonesia Sehat (KIS). Dari lulusan tahun 2020 atau lulus tahun sebelumnya (2019). Siswa berprestasi rangking 1-10 dapat mendaftar jalur ini untuk mendapatkan beasiswa,” tuturnya.

Selebihnya, Rektor IAKN Manado menjelaskan bahwa program beasiswa ini berlaku di 7 PTKKN lingkup Ditjen Bimas Kristen. “Para Kepala sekolah dapat mengajukan beasiswanya ke PTKKN terdekat seperti IAKN Manado dan IAKN Tarutung, IAKN Ambon dan PTKKN lain seperti STAKN Sentani, Palangkaraya, Toraja dan Kupang,” pungkasnya.

“Selain portofolio juga dibuka jalur Selnas PMB berbasis ujian tulis dan seleksi mandiri pada masing-masing institusi,” tutup Jeane. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur