IAKN Manado Gelar Raker, Siap Implementasikan Program Kemenag 2019

294

Manado, Mangunipost.com – Terobosan program Kementerian Agama (Kemenag) RI 2019 ini siap diimplementasikan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado.

Dalam mewujudkan hal tersebut, pihak IAKN Manado telah menggelar Rapat Kerja (Raker) selama 4 hari, mulai dari tanggal 10-13 April 2019, di Hotel Swisbell.

Saat ditemui awak media, Jumat (12/04), Rektor IAKN Manado, Jeane Marie Tulung menerangkan bahwa Raker ini bertujuan untuk menerapkan program Kemenag dalam proses penyelenggaraan Pendidikan Tinggi di IAKN Manado.

Selain itu, Jeane menuturkan kalau Raker digelar sebagai pembekalan internal IAKN Manado dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Kristen di Sulut, sekaligus wadah untuk memantapkan perencanaan strategis Tahun Anggaran 2020.

Raker IAKN Manado yang digelar di Hotel Swisbell

“Tujuan digelarnya Raker ini, pertama untuk memantapkan program Kemenag Tahun 2019 melalui IAKN Manado, mempertajam arah dan tujuan IAKN Manado, melakukan evaluasi kinerja Tahun 2018, melakukan perencanaan strategis untuk Tahun Anggaran 2020, meningkatkan tata kelola kepemerintahan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan IAKN Manado,” papar Jeane.

Selanjutnya, srikandi asal Kota Tomohon itu menambahkan kalau kegiatan Raker IAKN Manado ini telah dihadiri dan dibuka langsung oleh Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen, Thomas Pentury.

“Bapak Dirjen Bimas Kristen Kemenag, Prof Dr Thomas Pentury, MSi juga telah berkesempatan hadir untuk membuka kegiatan dan membawakan materi terkait Tantangan dan Karakter PTKKN dan era 4.0,” terang Rektor IAKN Manado.

Suasana Raker IAKN Manado Tahun 2019

Sementara itu, Ketua Panitia Raker IAKN Manado, Heince Onnie Wongkaren menambahkan, tema yang diangkat dalam pelaksanaan kegiatan, yakni “Kebersamaan, Melayani, Meningkatkan Kinerja”

“Alasan pemilihan tema, Kebersamaan maksudnya kita sebagai warga Kristiani dalam lingkungan IAKN Manado untuk keutuhan bangsa dapat dicapai dengan moderasi sebagai kuncinya. Sedangkan Melayani, artinya salah satu ciri warga IAKN Manado dalam mewujudkan kasih Kristus dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Heince, yang sekaligus menjabat sebagai Kabag Umum dan Keuangan di IAKN Manado.

Ditegaskan Heince, tema yang diusung panitia dalam Raker 2019 ini juga selaras dengan HAB Kemenag. “Tema ini selaras dan sudah menjadi Resolusi 2019 bagi ASN Kemenag. Raker dijadikan satu kesatuan dengan HAB Kemenag ke-73,” pungkasnya.

Adapun Raker ini telah diikuti oleh segenap pegawai, dosen baik yang ASN maupun yang non ASN IAKN Manado yang diundang. Dengan sejumlah materi yang disajikan, di antaranya tentang ‘Menyusun Renstra Renop SOP Perguruan Tinggi’, ‘Pentingnya PDDIKTI pada Perguruan Tinggi’, ‘Kepemimpinan Pelayanan di Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen’, ‘Capaian Kinerja dan Program Unggulan IAKN Manado’, ‘Tantangan dan Peluang PTKKN’, Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Bidang Pendidikan Tinggi’, serta ‘Penguatan Program Bimas Kristen 2019/2020. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur