IAKN Manado Terapkan Sistem Online Pendaftaran MABA 2020

231

MANADO, ManguniPost.com – Inovasi  Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado hingga kini terus melaju di bawah kepemimpinan Rektor Jeane M Tulung.

Bahkan, dalam memasuki Tahun Ajaran Mahasiswa Baru (MABA) 2020/2021 di tengah pandemi Covid-19, IAKN Manado telah menerapkan pendaftaran sistem online.

“Setelah Selnas PTKKN 2020, untuk pendaftaran MABA tahun ini telah dibuka dengan menggunakan sistem online,” terang Rektor IAKN Manado saat dihubungi melalui Wakil Rektor (Warek) III, Alrik Lapian.

Selain itu, Lapian juga menjelaskan bahwa ada 3 fakultas dan 10 program studi di IAKN Manado untuk jenjang pendidikan S-1. “Pertama ada fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, kedua fakultas Teologi, ketiga ada fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan. Untuk program studi ada Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Kristen Untuk Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Kristen, Pendidikan Musik Gereja, Teologi, Pastoral dan Konseling, Misiologi dan Komunikasi Kristen, Musik Gereja, Sosiologi Agama, serta Psikologi Kristen,” papar Lapian.

Selanjutnya, Warek III IAKN Manado mengungkapkan, pendaftaran online masih berproses hingga minggu keempat bulan Juli. “Batas pendaftaran online terakhir tanggal 21 Juli, sedangkan test masuk akan digelar tanggal 24 Juli,” pungkasnya.

Dalam menghadapi proses pendaftaran MABA, Rektor Jeane sendiri berharap tim yang telah terbentuk dapat bekerja maksimal demi kemajuan bersama.

“Selamat bekerja sekeras-kerasnya untuk IAKN Manado. Bersama kita bisa, bersatu kita bisa, bekerja dan melayani dengan cinta, yakin jerih juang kita tidak sia-sia,” tandasnya.

Sekedar diketahui, IAKN Manado merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kristen Negeri (PTKKN) terbaik di Indonesia Timur, yang dipercayakan sebagai pilot project oleh Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas Kristen) Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam mensukseskan program beasiswa Sandwich S3.

Tak hanya itu, tahun 2019 IAKN Manado juga telah dipercayakan sebagai ‘hosted’ dalam Selnas, dan 2020 ini kembali dipercayakan sebagai penyelenggara Selnas.

Keunggulan lain berkuliah di IAKN Manado, di antaranya berada di bawah Kemenag Ditjen Bimas Kristen, sudah terakreditasi BAN-PT, biaya kuliah murah, bebas biaya pembangunan, memiliki Beasiswa Misi dan PPA, fasilitas kampus memadai, memiliki dosen berkompentensi di bidangnya, jaringan kerja sama luas, kurikulum standar KKNI, memiliki asrama, serta mendapat dukungan penuh pemerintah. (*)