Implementasi Tol Laut di Sulawesi Utara Masih Terkendala

238

Manado, MP

Prinsipnya Bitung sudah menjadi salah satu pelabuhan yang telah menghubungkan Tol Laut di Indonesia. Akan tetapi program Tol Laut di Sulawesi Utara masih terkendala. Hal ini diungkapkan Amir Lipoto kedapa Manguni Post, Kamis (13/12) di ruang kerjanya.

“kalau jalan Tol Manado-Bitung sudah selesai pastinya lebih memudahkan bongkar muat barang dipelabuhan Bitung. Tetapi selama ini kapal-kapal yang menghubungkan Sulawesi Utara dengan membawa barang-barang yang ada sudah cukup lancar, yang diperbaiki adalah arus distribusi barang kemudian lancar sampai ke Manado”, ujar Politisi Partai Keadilan Sejahtera asal daerah pemilihan Sulut 1 kota Manado.

Lanjutnya, “pemerintah Sulawesi Utara harus inovatif karna kapal yang datang bukan hanya membawa barang yang jadi, kendala kalau kapal itu pulang dengan keadaan kosong, itu juga dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian harus lebih memotivasi, bagimana kita mampu mengeksport baik keluar negeri atau perdagangan antar pulau terhadap hasil bumi di Sulut”.

“Karena tentu orang yang datang kesini membawa barang-barang yang ada, mereka juga berpikir bagaimana kalai mereka kembali kalau kapal dengan keadaan kosong, nah itu akan meningkatkan cost tapi kalau terisikan, misalnya hasil perkebunan dan perikanan. Nah itu yang perlu ditingkatkan”, tandasnya.